Turki Ancam Luncurkan Serangan Militer ke Suriah

Serangan itu dilakukan jika  militan  Kurdi  tidak segera hengkang
Sarah Fiba - Dunia,Kamis, 29-10-2020 17:53 WIB
Turki Ancam Luncurkan Serangan Militer ke Suriah
(AR)

Nusantaratv.com- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (28/10) mengancam akan meluncurkan operasi militer baru di Suriah utara .

Serangan itu dilakukan jika  militan Kurdi tidak segera hengkang dari daerah-daerah di sepanjang perbatasan Turki dengan Suriah.

"Jika semua teroris tidak disingkirkan seperti yang telah dijanjikan kepada kami, saya ulangi sekali lagi bahwa kami memiliki alasan yang sah untuk campur tangan setiap saat kami merasa perlu," kata Erdogan dalam pidatonya, dikutip Independent.

Komentarnya muncul beberapa hari setelah seorang tersangka militan Kurdi meledakkan dirinya di sebuah kota di provinsi perbatasan Hatay.

Dalam pidato pertamanya pada serangan udara Senin lalu yang menewaskan puluhan pejuang, Erdogan mengatakan bahwa serangan Rusia yang menargetkan pusat pelatihan pasukan Tentara Nasional Suriah adalah tanda bahwa perdamaian dan ketenangan abadi tidak diinginkan di wilayah tersebut.

Serangan itu adalah yang paling mematikan di Idlib sejak gencatan senjata yang ditengahi Turki-Rusia mulai berlaku pada Maret. 

Itu terjadi ketika hubungan antara Rusia dan Turki menunjukkan tanda-tanda ketegangan yang meningkat atas keterlibatan militer Ankara di Suriah, Pegunungan Kaukasus dan di Libya, di mana Moskow juga memiliki kepentingan. 

Di Suriah, Rusia adalah pendukung utama pemerintahan Presiden Suriah Bashar Assad.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0