Trump : Tidak Akan Sulit Menjual Jet Tempur F-35 ke UEA

Washington telah menahan diri dari penjualan senjata Timur Tengah
Sarah Fiba - Dunia,Kamis, 17-09-2020 15:47 WIB
Trump : Tidak Akan Sulit Menjual Jet Tempur F-35 ke UEA
(Reuters)

Nusantaratv.com- Presiden AS Donald Trump mengatakan dia tidak akan memiliki masalah untuk menjual jet tempur F-35 ke Uni Emirat Arab, meskipun ada keberatan dari Israel.

Berbicara hanya beberapa jam sebelum Emirat akan menandatangani perjanjian bersejarah yang ditengahi AS dengan Israel, Trump menegaskan dia akan dengan senang hati mengejar penjualan senjata yang memecah belah.

“Saya tidak akan memiliki masalah dalam menjual F35 kepada mereka, saya sama sekali tidak memiliki masalah. Saya melihatnya sebagai aset, bukan liabilitas, ”kata Trump.

Anwar Gargash, menteri luar negeri UEA untuk urusan luar negeri, sebelumnya mengatakan bahwa UEA ingin memodernisasi militernya, dan bahwa apa yang disebut "Abraham Accord" pada hari Selasa (15/9/20)  menghilangkan setiap butir keraguan tentang mengapa jet tempur harus dikirim.

Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berulang kali mengatakan pemerintahnya akan menentang penjualan tersebut, menambahkan bulan lalu bahwa AS telah mengklarifikasi kepada Israel bahwa mereka akan selalu menjaga keunggulan kualitatif Israel.

Washington telah menahan diri dari penjualan senjata Timur Tengah yang dapat menumpulkan keunggulan militer kualitatif Israel. 

Ini telah diterapkan pada F-35 yang telah ditolak oleh negara-negara Arab, seperti Mesir, sementara Israel telah membeli dan menyebarkannya.

Tetapi Gargash menyebutkan pembelian jet F-35 dalam potensi penjualan yang - menurut laporan media - juga dapat mencakup drone Reaper dan pesawat perang elektronik EA-18G Growler.-Independent.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0