Sheikh Khalifa, PM Bahrain Terlama di Dunia Wafat

Sheikh Khalifa yang Berusia 84 Tahun Tercatat Sebagai PM dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia.
Adiantoro - Dunia,Rabu, 11-11-2020 19:50 WIB
Sheikh Khalifa, PM Bahrain Terlama di Dunia Wafat
Sheikh Khalifa bin Salman al Khalifa. (Reuters)

Jakarta, Nusantaratv.com - Bahrain dilanda duka mendalam. Perdana Menteri (PM) Sheikh Khalifa bin Salman al Khalifa dinyaatakan meninggal dunia, pada Rabu (11/11/2020).

Dilansir dari Reuters, Rabu (11/11/2020), pengumuman meninggalnya Sheikh Khalifa sudah dikonfirmasi secara langsung oleh pihak istana kerajaan. Sheikh Khalifa meninggal di rumah sakit Mayo Clinic di Amerika Serikat (AS), kata kantor berita pemerintahan, BNA.

Masih belum jelas apa penyebab penyakit yang diderita Sheikh Khalifa. Namun, Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa mengumumkan masa berkabung selama sepekan untuk mengenang sang PM. Disebutkan jika semua kementerian serta departemen pemerintahan akan ditutup tiga pekan terhitung mulai Kamis (12/11/2020).

Sheikh Khalifa yang berusia 84 tahun tercatat sebagai PM dengan masa jabatan terlama di dunia. Dia mulai menjabat sebagai PM pada 1970, setahun sebelum kemerdekaan Bahrain pada 1971. Sheikh Khalifa lahir pada 24 November 1935 dan sebelumnya menjabat sebagai kepala Dewan Negara serta Dewan Pertahanan Tertinggi negara.

Diketahui, pada Agustus, Sheikh Khalifa meninggalkan kerajaan untuk melakukan kunjungan pribadi ke luar negeri. Awal tahun ini dia menghabiskan waktu di Jerman untuk menjalani perawatan medis. Dia kembali ke Bahrain pada Maret.

Sementara itu, untuk upacara pemakaman, jenazah rencananya akan langsung disemayamkan setelah dipulangkan ke Bahrain. Sedangkan prosesi pemakaman juga dikatakan hanya boleh dihadiri oleh sejumlah kecil anggota keluarga.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0