Mengejutkan! Raja Salman bin Abdulaziz, Angkat Seorang Perempuan Jadi Penasihat

Perempuan yang mandat dan kepercayaan dari Raja Salman bin Abdulaziz adalah Dr Hanan Binti Abdulraheem Al-Ahmadi. Ia menduduki...
Ramses Rianto Manurung - Dunia,Senin, 19-10-2020 16:28 WIB
Mengejutkan! Raja Salman bin Abdulaziz, Angkat Seorang Perempuan Jadi Penasihat
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz/ist

Riyadh, Nusantaratv.com-Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz merombak 
susunan dewan penasihat kerajaan hingga deretan ulama di lembaga Islam tertinggi.

Dilansir Reuters, Raja Salman melakukan langkah yang tak biasa dan terkesan revolusioner dengan mengangkat seorang perempuan menjadi pembicara dan deputi untuk Majelis Al-Shura, lembaga penasihat berpengaruh di negeri itu.

Perempuan yang mandat dan kepercayaan dari Raja Salman bin Abdulaziz adalah Dr Hanan Binti Abdulraheem Al-Ahmadi. Ia menduduki posisi tertinggi ketiga di Majelis Shura sekarang.

Hanan menjadi wanita Arab Saudi pertama yang menduduki posisi kepemimpinan di lembaga itu.

Dikutip dari Al-Arabiya, Hanan adalah seorang akademisi dengan spesialisasi di ekonomi dan manajemen kesehatan. Ayahnya Dr. Al-Ahmadi adalah Profesor Administrasi Layanan Kesehatan di Institut Administrasi Publik di Arab Saudi.

Ia juga anggota Dewan Pembina dari Forum Ekonomi Riyadh, Dewan Editorial Jurnal Administrasi Publik dan Dewan Ilmiah Institut Administrasi Publik, serta anggota Dewan Direksi Asosiasi Manajemen Saudi.

Baca juga: Raja Salman Hapuskan Hukum Cambuk di Arab Saudi. Kenapa?

Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari King Saud University. Ia kemudian mendapatkan gelar Magister Administrasi Layanan Kesehatan dari Universitas Tulane dan gelar Doktor dalam Kesehatan Masyarakat dari Universitas Pittsburgh.

Raja Salman juga merestrukturisasi Dewan Ulama Senior. Ada 20 tokoh baru di lembaga yang saat ini dipimpin Mufti Angung Sheikh Abdulaziz al-Sheikh itu.

Lembaga ini adalah badan yang bertugas dibidang agama Islam, yang mencakup komite terbatas dan terdiri dari ulama top yang diketuai Mufti.

Badan memiliki wewenang mengeluarkan fatwa dan mengungkapkan pendapat syariah tentang masalah agama dan sosial di negeri itu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0