Keren Abis! Peristiwa Dunia Hari Ini : 20 Juli 2020 UEA Luncurkan Misi Pertamanya ke Mars

Misi ini awalnya dijadwalkan panda 14 Juli 2020.
Sarah Fiba - Dunia,Senin, 20-07-2020 10:31 WIB
Keren Abis! Peristiwa Dunia Hari Ini : 20 Juli 2020 UEA Luncurkan Misi Pertamanya ke Mars
(AFP)

Nusantaratv.com- Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan misi pertamanya ke Mars pada Senin pagi (20/7/20) saat berusaha mengembangkan kemampuan ilmiah dan teknologinya dan menjauh dari ketergantungannya pada minyak.

Probe Harapan meluncur dari Tanegashima Space Center Jepang pukul 1.58 waktu UEA (6.58 pagi waktu Jepang) untuk perjalanan tujuh bulan ke planet merah, di mana ia akan mengorbit dan mengirim kembali data tentang atmosfer.

Umpan langsung dari peluncuran menunjukkan roket membawa probe tak berawak, yang dikenal sebagai "Al-Amal" dalam bahasa Arab yang berarti lepas landas.

Lima menit setelah peluncuran, roket yang membawa probe berada di jalurnya, melakukan pemisahan pertama penerbangannya.

Misi Arab pertama ke Mars pada awalnya dijadwalkan diluncurkan pada 14 Juli, tetapi telah ditunda dua kali karena cuaca buruk.

Saat ini ada delapan misi aktif menjelajahi Mars; beberapa mengorbit planet ini dan beberapa telah mendarat di permukaannya. Cina dan Amerika Serikat juga berencana mengirim yang lain tahun ini, memanfaatkan periode ketika Bumi dan Mars terdekat.

Pada bulan Oktober, Mars akan menjadi 62,07 juta km dari Bumi, menurut NASA.

Harapan diperkirakan akan mencapai orbit Mars pada Februari 2021, menandai peringatan ke-50 penyatuan UEA.

Melansir AFP, Misi Emirates Mars menelan biaya US $ 200 juta.

Untuk mengembangkan dan membangun Hope Probe, Emiratis dan Pusat Antariksa Mohammed Bin Rashid Dubai (MBRSC) bekerja dengan lembaga pendidikan AS.

Pusat ruang angkasa MBRSC di Dubai akan mengawasi pesawat ruang angkasa selama perjalanannya 494 juta km dengan kecepatan rata-rata 121.000 kmh.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0