Kelanjutan Nasib Kapal Tanker Stena Impero

Kapal Tanker Stena Impero yang berbendera Inggris, ditahan oleh Iran pada Juli lalu, kini telah mulai bergerak dan keluar...
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 27-09-2019 14:07 WIB
Kelanjutan Nasib Kapal Tanker Stena Impero
Kapal Stena Impero, (scmp)

Teheran, Nusantaratv.com - Kapal Tanker Stena Impero yang berbendera Inggris, ditahan oleh Iran pada Juli lalu, kini telah mulai bergerak dan keluar dari pelabuhan Bandar Abbas pada hari Jumat (27/9/19), menurut data pelacakan kapal Refinitiv. 

Stena Impero ditahan oleh Pengawal Revolusi Iran di Selat Hormuz karena dugaan pelanggaran laut dua minggu setelah Inggris menangkap sebuah kapal tanker Iran di luar wilayah Gibraltar. 

Kapal itu dirilis pada bulan Agustus. Stena telah menetapkan tujuan baru untuk Port Rashid di Dubai di Uni Emirat Arab, sekitar 250 km jauhnya. 

Baca Juga : Jepang Mengaku Prihatin dengan Kondisi Timur Tengah

Pada kecepatan tanker normal, itu akan mencapai tujuan itu dalam waktu setengah hari. 

 Seorang juru bicara untuk pemilik kapal, Stena Bulk of Sweden, mengatakan  bahwa kapal sedang bersiap untuk pergi. 

Kementerian luar negeri Iran telah mengatakan pada hari Rabu bahwa pencabutan perintah penahanan telah diselesaikan, tetapi penyelidikan terhadap kapal sedang berlangsung.

 Kemudian pada hari itu, Stena Bulk mengatakan tidak dalam negosiasi dengan Iran dan tidak mengetahui adanya tuduhan resmi terhadap kru atau perusahaan.

 Iran sebelumnya telah membebaskan tujuh dari 23 awak kapal. Perebutan Stena Impero oleh Iran pada 19 Juli memicu ketegangan di wilayah tersebut menyusul serangan pada Mei dan Juni terhadap kapal dagang lainnya di perairan Teluk, yang ditudingkan Washington ke Teheran. 

Iran membantah bertanggung jawab. Hubungan antara Amerika Serikat dan Iran menjadi lebih tegang sejak Washington menarik diri tahun lalu dari pakta global untuk mengendalikan program nuklir Teheran dan menjatuhkan sanksi pada negara yang bertujuan untuk menutup ekspor minyak Iran. 

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0