Arab Saudi Izinkan 10 Ribu Jamaah Luar Negeri Umrah, Ini Ketentuannya

Jamaah Umrah Luar Negeri Akan Dibagi Menjadi Kelompok yang Beranggotakan Minimal 50 Jamaah.
Adiantoro - Dunia,Senin, 26-10-2020 14:45 WIB
Arab Saudi Izinkan 10 Ribu Jamaah Luar Negeri Umrah, Ini Ketentuannya
Ilustrasi. (Saudi Gazette)

Jakarta, Nusantaratv.com - Terdapat lebih dari 550 perusahaan umrah di Arab Saudi yang terkena dampak virus corona (Covid-19) bisa bernapas lega. Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah menyusun pedoman penerimaan jamaah umrah dari luar negeri.

Dilansir dari Arab News, Senin (26/10/2020), para jamaah ini akan diizinkan umrah mulai 1 November mendatang. Selain itu, maskapai Saudia mengumumkan membuka kembali 33 tujuan perjalanan, yang sebagian besar merupakan 'negara hijau' dari penyebaran Covid-19.

Salah seorang investor di perusahaan umrah, Ahmed Bajaifer memperkirakan pemerintah hanya mengizinkan 10 ribu jamaah setiap pekannya. Hal ini membuat perusahaan umrah dapat dengan mudah menangani jumlah tersebut sambil menerapkan langkah pencegahan terhadap Covid-19.

Kementerian hanya mengizinkan jamaah berusia 18-50 tahun untuk menunaikan ibadah umrah, sesuai persyaratan dari Kementerian Kesehatan. Mereka harus menunjukkan sertifikat uji PCR yang membuktikan jika mereka telah dites negatif Covid-19. Sertifikat harus diterbitkan oleh laboratorium terpercaya di negeri asal jamaah tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Ada 125.000 Jamaah Laksanakan Umrah, Tak Ada Kasus Infeksi Covid-19

Dan, jamaah harus mereservasi umrah dan sholat mereka di Dua Masjid Suci, termasuk kunjungan ke Masjid Nabawi dan sholat di Raudah, melalui aplikasi Eatmarna. Mereka juga diwajibkan memiliki tiket penerbangan pulang-pergi sesuai dengan jadwal umrah mereka.

Sementara itu, paket layanan untuk setiap jamaah juga wajib mencakup akomodasi yang menyediakan tiga paket makan seharian selama masa karantina minimal tiga hari, dan transportasi dari tempat kedatangan hingga akomodasi. Para jamaah juga wajib memiliki polis asuransi yang komprehensif.

Jamaah umrah yang datang dari luar negeri akan dibagi menjadi kelompok yang beranggotakan minimal 50 jamaah. Dimana semua kelompok harus memesan program terpadu, termasuk seluruh layanan untuk melakukan umrah dan mengunjungi Dua Masjid Suci sesuai tanggal reservasi.

Nantinya, seorang pemandu akan ditunjuk untuk setiap kelompok, dan agen Arab Saudi wajib menyediakan paket layanan sesuai kontrak.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0