WHO Tertarik Meninjau Vaksin COVID-19 Rusia

WHO mengatakan 28 dari lebih dari 150 vaksin potensial saat ini sedang diuji secara aktif pada manusia
Sarah Fiba - Dunia,Kamis, 13-08-2020 20:09 WIB
WHO Tertarik Meninjau Vaksin COVID-19 Rusia
(Reuters)

Nusantaratv.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  mengatakan pada hari Rabu (13/8/20) bahwa pihaknya menantikan untuk meninjau uji klinis dari vaksin virus corona potensial yang dikembangkan di Rusia.

Presiden Vladimir Putin menyatakan Rusia sebagai negara pertama yang menyetujui vaksin pada hari Selasa meskipun pengujian tahap akhir yang melibatkan lebih dari 2.000 orang baru akan dimulai pada hari Rabu.

WHO mengatakan 28 dari lebih dari 150 vaksin potensial saat ini sedang diuji secara aktif pada manusia, enam di antaranya telah mencapai Fase 3, tahap terakhir ketika obat kandidat diuji pada sekelompok besar orang.

Vaksin Rusia, yang dikembangkan oleh lembaga penelitian Gamaleya dan kementerian pertahanan, termasuk di antara 28 dalam evaluasi klinis tetapi terdaftar oleh WHO sebagai hanya dalam Tahap 1.

"WHO sedang berhubungan dengan ilmuwan dan otoritas Rusia, dan berharap untuk meninjau rincian uji coba tersebut," kata badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam sebuah pernyataan.

"WHO menyambut baik semua kemajuan dalam penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19." 

WHO menambahkan bahwa organisasi tersebut telah terlibat dalam membimbing dan mempercepat upaya penelitian dan pengembangan sejak Januari.

"Percepatan penelitian vaksin harus dilakukan mengikuti proses yang telah ditetapkan melalui setiap langkah pengembangan, untuk memastikan bahwa setiap vaksin yang pada akhirnya diproduksi aman dan efektif," katanya.

"Setiap vaksin pandemi yang aman dan efektif akan menjadi barang publik global, dan WHO mendesak akses yang cepat, adil dan setara ke vaksin serupa di seluruh dunia."-AP

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0