Pukul Telak AS, Cina Bela WHO

Presiden Donald Trump mengkritik keras WHO atas tanggapannya terhadap pandemi corona dan menuduhnya tunduk pada pengaruh...
Sarah Fiba - Dunia,Kamis, 09-07-2020 15:02 WIB
Pukul Telak AS, Cina Bela WHO
(The Australian)

Nusantaratv.com- Cina membela Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  dan mengecam keputusan AS untuk menarik diri dari badan PBB itu, menambah sederet sengketa antara ekonomi terbesar di dunia dan meningkatnya saingan geopolitik.

Juru bicara kementerian luar negeri Cina Zhao Lijian mengatakan langkah itu adalah demonstrasi lain dari AS untuk mengejar unilateralisme, menarik diri dari kelompok dan melanggar kontrak.

"WHO adalah lembaga internasional yang paling berwibawa dan profesional di bidang keamanan kesehatan masyarakat global," kata Zhao pada konferensi singkat dikutip AP.

Presiden Donald Trump mengkritik keras WHO atas tanggapannya terhadap pandemi corona dan menuduhnya tunduk pada pengaruh Cina. 

Trump mengatakan dalam pengumuman Gedung Putih bahwa pejabat Cina "mengabaikan" kewajiban pelaporan mereka kepada WHO dan menekan organisasi itu untuk menyesatkan publik tentang wabah yang kini telah menewaskan lebih dari 130.000 orang Amerika.

Dalam komentar Rabu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan tanggapan Beijing terhadap wabah virus menunjukkan Partai Komunis yang berkuasa memiliki "masalah kredibilitas yang sangat besar" dan bahwa tindakannya cocok dengan pola perilaku yang mengancam kebebasan, demokrasi dan supremasi hukum.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0