Menlu Retno: RI Ingin AS Jadi True Friend

Pernyataan ini muncul usai kunjungan Menlu AS
Mochammad Rizki - Dunia,Kamis, 29-10-2020 16:24 WIB
Menlu Retno: RI Ingin AS Jadi True Friend
Menlu RI dan Menlu AS.

Bogor, Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyebut Indonesia ingin menjaga hubungan baik dengan Amerika Serikat (AS). Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap AS menjadi mitra yang baik bagi Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Retno, usai mendampingi Jokowi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Pentagon Siap Sambut Prabowo di AS! 

"Di dalam pertemuan tadi, Presiden mengatakan bahwa kita bermitra dengan baik, kita berteman dengan baik," ujar Retno dalam konferensi pers, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia, tapi hal ini tidak bisa take it for granted. Semuanya harus dipelihara," imbuhnya. 

Karenanya, Jokowi menurut Retno berpesan bahwa guna memelihara hubungan Indonesia-AS, diperlukan upaya yang serius, diperlukan pemahaman satu sama lain dan dibutuhkan juga langkah untuk mewujudkan kerja sama yang konkret. Termasuk di antaranya kemitraan di bidang ekonomi.

"Presiden menekankan bahwa Indonesia ingin melihat kerja sama ekonomi kedua negara meningkat di masa yang akan datang, termasuk tentunya harapan terhadap perpanjangan GSP facilities kepada Indonesia," papar Retno.

"Presiden juga menginginkan agar kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat meningkat," lanjutnya. 

Di samping itu, kata Retno, Jokowi ingin melihat AS memahami kepentingan negara berkembang, serta memahami kepentingan negara-negara Muslim.

Jokowi juga mau AS memahami Asia Tenggara dan bersama mewujudkan perdamaian, stabilitas serta kerja sama di kawasan.

Sementara Pompeo, menegaskan komitmen kuatnya untuk melanjutkan kemitraan strategis dengan Indonesia, termasuk di bidang ekonomi.

"Amerika akan mendorong lebih banyak pengusaha Amerika untuk melakukan economic engagement dengan Indonesia," kata Retno.

Amerika menilai Indonesia memainkan peran khusus di kawasan.

"Dengan peran besar Indonesia ini maka Amerika betul-betul ingin menjalin hubungan yang lebih baik dengan Indonesia," tandas Retno. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0