Kompak, AS dan Australia Siap Hadapi Ancaman Cina

Menteri Pertahanan AS Mark Esper memuji partisipasi lima kapal perang Australia pekan lalu
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 29-07-2020 11:26 WIB
Kompak, AS dan Australia Siap Hadapi Ancaman Cina
(AFP)

Nusantaratv.com- Amerika Serikat dan Australia mengatakan pada hari Selasa (28/7/20) mereka akan memperluas kerja sama militer ketika ketegangan meningkat dengan Cina, menghadirkan front bersama di antara sekutu.

"Amerika Serikat tahu ancaman yang anda dan seluruh dunia bebas hadapi. Dan Amerika Serikat mendukung anda dalam aliansi kami yang tidak bisa dilanggar," Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan kepada para menteri Australia dalam konferensi pers bersama dikutip Reuters.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper memuji partisipasi lima kapal perang Australia pekan lalu dalam latihan dengan kelompok pemogokan kapal induk AS dan kapal perusak Jepang di Laut Filipina.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds mengatakan kedua negara akan membangun hubungan di banyak bidang pertahanan termasuk perang hipersonik, elektronik, dan berbasis ruang angkasa.

''Kerjasama ini akan memperkuat kemampuan kita bersama untuk berkontribusi pada keamanan regional dan untuk mencegah perilaku memfitnah di wilayah, "katanya.

Dalam sebuah pernyataan bersama, para menteri mengatakan mereka membahas perluasan operasi di kota Darwin, Australia utara, tempat Marinir AS telah berotasi sejak 2012 di bawah inisiatif mantan presiden Barack Obama.

Amerika Serikat akan membangun cadangan bahan bakar militer di Darwin dan sekutu akan mempertimbangkan latihan di sana dengan negara-negara yang sepaham - rujukan yang mungkin ke Jepang dan India.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0