Inggris Tawarkan Warga Hong Kong untuk Pindah Kewarganegaraan

PM mengatakan kebebasan Hong Kong dilanggar oleh undang-undang keamanan baru
Sarah Fiba - Dunia,Kamis, 02-07-2020 14:29 WIB
Inggris Tawarkan Warga Hong Kong untuk Pindah Kewarganegaraan
(The Conversation)

Nusantaratv.com- Hingga tiga juta penduduk Hong Kong akan ditawarkan kesempatan untuk menetap di Inggris dan akhirnya mengajukan permohonan kewarganegaraan, kata PM Inggris Boris Johnson dikutip BBC, Kamis (2/7/20).

PM mengatakan kebebasan Hong Kong dilanggar oleh undang-undang keamanan baru dan mereka yang terkena dampak akan ditawarkan "rute" keluar dari bekas koloni Inggris.

Sekitar 350.000 pemegang paspor Inggris, dan 2,6 juta lainnya yang memenuhi syarat, akan dapat datang ke Inggris selama lima tahun.

Dan setelah satu tahun lebih lanjut, mereka akan dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Pemegang Paspor Luar Negeri Nasional Britania Raya di Hong Kong diberikan status khusus pada 1980-an tetapi saat ini memiliki hak terbatas dan hanya berhak atas akses bebas visa ke Inggris selama enam bulan.

Di bawah rencana pemerintah, semua warga negara Inggris di luar negeri dan tanggungannya akan diberikan hak untuk tetap di Inggris, termasuk hak untuk bekerja dan belajar, selama lima tahun.

 Pada titik ini, mereka akan dapat mengajukan status menetap, dan setelah satu tahun lebih lanjut, mencari kewarganegaraan.

PM mengatakan pada Selasa,  dikeluarkannya undang-undang keamanan baru oleh otoritas Hong Kong adalah "pelanggaran yang jelas dan serius" dari deklarasi bersama Sino-Inggris 1985.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0