Enam Kandidat Bertarung Raih Jabatan Kepala WTO

Ketua baru harus menghidupkan kembali pembicaraan perdagangan macet,
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 08-07-2020 15:48 WIB
Enam Kandidat Bertarung Raih Jabatan Kepala WTO
(AP)

Nusantaratv.com- Enam kandidat berlomba untuk menjadi kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)  berikutnya - sebuah lembaga yang menghadapi tantangan besar bahkan sebelum krisis ekonomi global yang didorong oleh pandemi melanda. 

Jendela untuk memasuki perlombaan ditutup pada hari Rabu, (8/7/20) dalam kontes dipercepat untuk menggantikan direktur jenderal WTO Roberto Azevedo yang akan keluar . 

Melansir AP, keenam kandidat dalam pencalonan berasal dari Mesir, Kenya, Meksiko, Moldova, Nigeria dan Korea Selatan.

Ketua baru harus menghidupkan kembali pembicaraan perdagangan yang macet,  meletakkan dasar untuk konferensi menteri 2021 - salah satu acara utama WTO - dan mencairkan hubungan dengan Washington.

Amerika Serikat, yang telah mengancam akan meninggalkan WTO, telah memblokir sistem banding penyelesaian sengketa organisasi sejak Desember, dan menginginkan Cina naik dari kategori negara berkembang.

Dalam langkah mengejutkan pada pertengahan Mei, Azevedo, 62, mengumumkan bahwa ia akan mengakhiri masa jabatan empat tahunnya yang kedua lebih awal karena alasan pribadi. 

Yang memaksa 164 negara anggota WTO yang bermarkas di Jenewa untuk menghasilkan pengganti hanya dalam tiga bulan, bukan sembilan seperti biasa.

Daripada pemilihan, prosedur untuk memilih bos WTO berikutnya bergantung pada menemukan konsensus, dengan kandidat secara bertahap dihilangkan pada gilirannya.

Pemungutan suara dimungkinkan sebagai tolok ukur upaya terakhir, tetapi skenario itu tidak pernah terjadi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0