Dikritik Tak Mempan, AS Kirim Kapal Induk untuk Pantau Cina di Laut Cina Selatan

Cina dan Amerika Serikat menuduh satu sama lain memicu ketegangan di jalur air strategis
Sarah Fiba - Dunia,Sabtu, 04-07-2020 14:52 WIB
Dikritik Tak Mempan, AS Kirim Kapal Induk untuk Pantau Cina di Laut Cina Selatan
(Reuters)

Nusantaratv.com- Dua kapal induk Amerika Serikat sedang melakukan latihan di Laut China Selatan yang disengketakan pada Sabtu (4/7/20), kata angkatan laut AS, ketika Cina juga melakukan latihan militer yang telah dikritik oleh Pentagon dan negara-negara tetangga.

Cina dan Amerika Serikat menuduh satu sama lain memicu ketegangan di jalur air strategis pada saat hubungan yang tegang atas segalanya, mulai dari coronavirus baru hingga perdagangan ke Hong Kong.

USS Nimitz dan USS Ronald Reagan sedang melakukan operasi dan latihan di Laut Cina Selatan "untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata angkatan laut dalam sebuah pernyataan.

Tidak disebutkan secara persis di mana latihan itu dilakukan di Laut Cina Selatan, yang membentang sekitar 1.500 km dan 90 persen di antaranya diklaim oleh Cina meskipun ada protes dari tetangganya.

"Tujuannya adalah untuk menunjukkan sinyal yang jelas kepada mitra dan sekutu kami bahwa kami berkomitmen terhadap keamanan dan stabilitas regional," kata Laksamana Muda George M Wikoff seperti dikutip oleh Wall Street Journal. 

Cina sebelumnya menolak kritik AS atas latihannya pada hari Jumat dan menyarankan Amerika Serikat yang harus disalahkan karena meningkatnya ketegangan.

Kapal induk AS telah lama melakukan latihan di Pasifik Barat, termasuk di Laut Cina Selatan, menurut angkatan laut AS. 

Pada satu titik baru-baru ini, Amerika Serikat memiliki tiga kapal induk di wilayah tersebut.

Cina mengumumkan pekan lalu bahwa mereka telah merencanakan lima hari latihan mulai 1 Juli di dekat Kepulauan Paracel, yang diklaim oleh Vietnam dan Cina.

Amerika Serikat menuduh Cina berusaha mengintimidasi tetangga-tetangga Asia yang mungkin ingin mengeksploitasi cadangan minyak dan gasnya yang luas. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0