Dikritik AS Saat Gelar Latihan Militer, Ini Respons Cina

Cina mengumumkan pekan lalu bahwa mereka telah merencanakan lima hari latihan mulai 1 Juli
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 03-07-2020 17:48 WIB
Dikritik AS Saat Gelar Latihan Militer, Ini Respons Cina
(Dn)

Nusantaratv.com- Cina pada hari Jumat (3/7/20) menolak kritik oleh Departemen Pertahanan AS atas rencananya untuk mengadakan latihan militer di Laut Cina Selatan, dan menyarankan agar Washington disalahkan atas meningkatnya ketegangan di kawasan itu.

Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis bahwa melakukan latihan militer atas wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan adalah "kontraproduktif terhadap upaya meredakan ketegangan dan menjaga stabilitas".

Baca Juga : AS Kritik Aksi Latihan Militer Cina di Laut Cina Selatan

Cina mengumumkan pekan lalu bahwa mereka telah merencanakan lima hari latihan mulai 1 Juli di dekat Kepulauan Paracel, yang diklaim oleh Vietnam dan Cina.

"Latihan militer adalah yang terbaru dalam serangkaian tindakan RRC untuk menegaskan klaim kelautan yang melanggar hukum dan merugikan tetangga-tetangga Asia Tenggara di Laut Cina Selatan," kata pernyataan Pentagon, merujuk pada Republik Rakyat Tiongkok.

Vietnam dan Filipina juga mengkritik rencana latihan Cina, memperingatkan bahwa hal itu dapat menciptakan ketegangan di kawasan itu dan berdampak pada hubungan Beijing dengan tetangganya.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0