Bersejarah! UEA dan Bahrain Sepakati Perjanjian Diplomatik dengan Israel

Perjanjian tersebut, yang rinciannya masih dinegosiasikan, merupakan pertama kalinya dalam seperempat abad
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 16-09-2020 14:38 WIB
Bersejarah! UEA dan Bahrain Sepakati Perjanjian Diplomatik dengan Israel
(IS)

Nusantaratv.com- Para menteri luar negeri Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain telah menandatangani kesepakatan normalisasi diplomatik bersejarah dengan Israel pada sebuah upacara di Gedung Putih.

Dalam acara yang diawasi oleh Presiden Donald Trump , Menteri Luar Negeri Emirat Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan dan Menteri Luar Negeri Bahrain Dr Abdullatif bin Rashid Al-Zayani menandatangani perjanjian dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Perjanjian tersebut, yang rinciannya masih dinegosiasikan, merupakan pertama kalinya dalam seperempat abad negara Arab mana pun memberikan pengakuan diplomatik kepada Negara Yahudi. 

Langkah tersebut, yang menandakan pergeseran signifikan dalam geopolitik regional, harus melihat pembukaan kedutaan besar di masing-masing negara, serta penerbangan, pariwisata, dan hubungan perdagangan.

Hubungan pertahanan juga diharapkan akan diberlakukan dengan cepat, dengan kemungkinan penjualan jet tempur Israel ke negara-negara Teluk Arab.

Kesepakatan tersebut memperkuat aliansi regional melawan Iran - musuh bersama bagi kedua belah pihak.

Trump memperkirakan lebih banyak negara Arab akan segera mengikuti dalam membuat perjanjian mereka sendiri dengan Israel.

Berbicara dari balkon Gedung Putih, dia berkata: "Kami di sini sore ini untuk mengubah arah sejarah. Kami akan memiliki setidaknya lima atau enam negara datang dengan sangat cepat."

Negara Teluk lainnya, sekutu dekat AS, Arab Saudi, akan menandatangani kesepakatan "pada waktu yang tepat", katanya.

Ketiga pemimpin Timur Tengah itu memuji perjanjian tersebut dan peran Trump dalam istilah yang cemerlang, dengan Netanyahu mengatakan hal itu memberi harapan kepada "semua orang Abraham".-Skynews



 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0