Balas AS, Cina Terbitkan UU Perlindungan Ekspor

Meningkatnya tensi antara Beijing dengan Washington dipicu keputusan AS untuk memblokade sejumlah perusahaan China di AS...
Ramses Rianto Manurung - Dunia,Minggu, 18-10-2020 16:30 WIB
Balas AS, Cina Terbitkan UU Perlindungan Ekspor
Foto bendera Amerika Serikat dan Cina/ist

Beijing, Nusantaratv.com-Tak terima dengan perlakuan Amerika Serikat yang memblokade sejumlah perusahaan teknologi dari negaranya, Pemerintah Cina langsung membalas dengan menerbitkan regulasi baru yang akan membatasi ekspor terhadap produk-produk tertentu. Ini dilakukan untuk melindungi keamanan nasional Cina.

Regulasi tersebut akan berlaku bagi semua perusahaan di Cina, termasuk perusahaan asing yang berada di Negeri Tirai Bambu itu, seperti dilansir Bloomberg. Regulasi ini direncakana mulai berlaku pada 1 Desember 2020.

Dalam beberapa bulan terakhir hubungan AS dan Cina yang sempat mencair kembali memanas. Meningkatnya tensi antara Beijing dengan Washington dipicu keputusan AS untuk memblokade sejumlah perusahaan China di AS antara lain Huawei Technologies Co., ByteDance Ltd. (TikTok), Tencent Holdings Ltd. (WeChat), dan Semiconductor Manufacturing International Corp.

Baca juga: Cina Janji Prioritaskan Vaksin Covid-19 Untuk Negara ASEAN 

Meskipun daftar kontrol dilaporkan lebih sedikit dibandingkan yang digunakan oleh AS, Kementerian Perdagangan Cina memastikan bahwa teknologi yang akan mendapatkan pembatasan termasuk algoritma dan drone.

Kedua teknologi tersebut memungkinkan Cina untuk memperluasnya dengan serangkaian produk dan teknologi.

Regulasi itu juga mengamanatkan pembatasan ekspor produk yang digunakan untuk masyarakat umum, militer, dan nuklir. Kategori lainnya juga mencakup barang, teknologi, dan jasa yang berkaitan dengan kepentingan keamanan nasional, termasuk data.

Dengan regulasi baru ini, Cina bisa melakukan aksi resiprokal jika ada negara yang melanggar ketentuan ini.

Pelanggaran terhadap aturan ini bisa dikenakan sanksi paling banyak 5 juta yuan (US$746.500) dan pencabutan izin ekspor. Pelanggaran terhadap keamanan nasional dan kepentingan nasional juga dikenai hukuman pidana, baik bagi perusahaan di Cina maupun di luar Cina. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0