Walikota Seoul Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Kematiannya terjadi sehari setelah mantan sekretarisnya mengajukan pengaduan polis
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 10-07-2020 10:45 WIB
Walikota Seoul Ditemukan Tewas Bunuh Diri
(AFP)

Nusantaratv.com- Walikota Seoul, mantan pengacara HAM dan calon potensial presiden Korea Selatan, tewas dalam bunuh diri sehari setelah dituduh melakukan pelecehan seksual.

Kematian Park Won-soon, yang mayatnya ditemukan Jumat pagi (10/7/20) di sebuah gunung di ibukota, sejauh ini adalah akhir yang paling dramatis untuk kasus #MeToo di Korea Selatan, sebuah masyarakat yang sangat patriarki di mana gerakan perempuan memiliki menjatuhkan sejumlah pria terkemuka di berbagai bidang.

The Star melaporkan, jika Park terbukti telah bunuh diri, ia akan menjadi politisi Korea Selatan dengan profil tertinggi sejak mantan presiden Roh Moo-hyun, yang melompat dari tebing pada 2009 setelah ditanyai tentang tuduhan korupsi yang melibatkan anggota keluarga.

Tidak ada tanda-tanda pelanggaran, kata polisi. 

Park mengelola ibu kota Korea Selatan yang luas itu - rumah bagi hampir seperlima populasi nasional - selama hampir satu dekade.

Dia memenangkan tiga pemilihan sambil mempromosikan kesetaraan gender dan sosial, dan tidak menghindar dari menyatakan ambisinya untuk menggantikan Presiden Moon Jae-in yang masih menjabat pada tahun 2022.

Namun kematiannya terjadi sehari setelah mantan sekretarisnya mengajukan pengaduan polisi - yang katanya melibatkan pelecehan seksual - terhadapnya.

Menurut sebuah dokumen yang mengaku sebagai pernyataan korban Park, yang bekerja sebagai sekretaris pribadinya sejak 2015, ia melakukan "pelecehan seksual dan gerakan yang tidak pantas selama jam kerja", termasuk bersikeras dia memeluknya di kamar tidur di sebelah kantornya.

Kematian Park berarti penyelidikan akan ditutup secara otomatis.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0