Setelah Mendapatkan Hukuman Seumur Hidup dan Ditahan Selama 61 Tahun, Pria di Jepang Akhirnya Dibebaskan Secara Bersyarat

Setelah ditahan semenjak 1959, narapidana tersebut bersedia untuk berubah
Irlan Aulia Rhamdan (Orbis) - Dunia,Minggu, 20-09-2020 08:15 WIB
Setelah Mendapatkan Hukuman Seumur Hidup dan Ditahan Selama 61 Tahun, Pria di Jepang Akhirnya Dibebaskan Secara Bersyarat
Ilustrasi Penjara

Nusantaratv.com - Pada 11 September kemarin diberitakan bahwa seorang pria berusia 80 tahun dilepaskan secara bersyarat dari Tahanan Kumamoto, Jepang, setelah menjalani hukuman seumur hidup sekitar 61 tahun.

Identitas dan juga kejahatannya tidak dilaporkan, karena hal tersebut mungkin untuk membantunya kembali ke lingkungan masyarakat, pembebasan pria tersebut menandai akhir dari pemenjaraan terlama yang terdaftar di Jepang. Setelah ditahan semenjak 1959, narapidana tersebut bersedia untuk berubah dan tidak terdapat tanda-tanda bahwa dirinya akan melanggar.

Dia pun harus mendapatkan lokasi tinggal setelah pembebasannya agar pembebasan bersyarat tersebut diberikan. Hukuman seumur hidup di Jepang, dikenal sebagai “hukuman penjara tidak terbatas”, dan secara bertahap hukuman tersebut telah menjadi lebih lama di Jepang seiring dengan penambahan masyarakat lansia secara keseluruhan.

Sejak 2009, rata-rata masa hukuman seumur hidup di Jepang telah melampaui 30 tahun dan terus meningkat. Hal ini menjadi salah satu tantangan yang meningkat untuk mengenalkan kembali narapidana yang sudah lanjut usia ke masyarakat. “Beberapa narapidana lansia adalah narapidana teladan,” kata seorang petugas penjara, “tetapi untuk menemukan fasilitas yang mudah dan yang mau menerima mereka untuk pembebasan bersyarat ini adalah tantangan besar.

Masalah ini tentunya menjadi hal yang serius dan memerlukan kerja sama dari pemerintah, penjara, dan kumpulan masyarakat lokal untuk menanganinya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0