Seoul : Korut Akan Uji Coba Rudal dari Bawah Laut

Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Utara telah berusaha keras untuk memperoleh kemampuan meluncurkan rudal dari kapal...
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 16-09-2020 19:00 WIB
Seoul : Korut Akan Uji Coba Rudal dari Bawah Laut
(AP)

Nusantaratv.com- Korea Utara mungkin segera melakukan uji coba rudal balistik pertama yang diluncurkan di bawah air dalam waktu sekitar satu tahun, seorang pejabat tinggi militer Korea Selatan mengatakan pada Rabu (16/9/20), di tengah pembicaraan nuklir yang telah lama macet antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Dalam sambutan tertulis kepada anggota parlemen menjelang sidang konfirmasi, Won In-choul, calon ketua Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, mengatakan Korea Utara telah memperbaiki kerusakan topan baru-baru ini di galangan kapal Sinpo timur laut, tempat mereka membangun kapal selam.

"Tidak lama setelah perbaikan selesai, ada kemungkinan kapal selam akan melakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam," kata Won. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Utara telah berusaha keras untuk memperoleh kemampuan meluncurkan rudal dari kapal selam.

Uji coba rudal yang diluncurkan di bawah air oleh Korea Utara Oktober lalu adalah yang pertama dari jenisnya dalam tiga tahun, dan uji senjata paling provokatif sejak Korea Utara memasuki negosiasi nuklir dengan AS pada 2018.

Pembicaraan nuklir telah membuat kemajuan kecil sejak KTT kedua antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump di Vietnam pada awal 2019 gagal karena perselisihan mengenai sanksi yang dipimpin AS terhadap Korea Utara.

Ada spekulasi bahwa Korea Utara mungkin menguji rudal semacam itu sebelum peringatan berdirinya Partai Buruh yang berkuasa pada 10 Oktober.

Beberapa ahli mengatakan tidak mungkin Korea Utara akan melakukan uji senjata besar segera karena negara itu bergulat dengan banyak krisis. -AP

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0