Saling 'Ngegas', Konflik Kanada-China Makin Panas

Konflik terjadi pada saat hubungan antara negara-negara itu berada pada titik terendah.
Sarah Fiba - Dunia,Selasa, 20-10-2020 15:15 WIB
Saling 'Ngegas', Konflik Kanada-China Makin Panas
(CJF)

Nusantaratv.com- Perselisihan diplomatik antara Kanada dan China semakin memanas pada hari Senin (19/10) ketika Beijing mengecam kritik pers terhadap duta besarnya untuk Ottawa.

Pertukaran itu terjadi pada saat hubungan antara negara-negara itu berada pada titik terendah dalam beberapa tahun.

Melansir Indian Express, sebagian besar karena kemarahan China atas penahanan eksekutif puncak raksasa telekomunikasi China Huawei oleh Kanada dan penangkapan dua warga Kanada berikutnya.

Gesekan baru muncul ketika Duta Besar China untuk Kanada, Cong Peiwu, mencap pengunjuk rasa pro-demokrasi di Hong Kong sebagai penjahat kekerasan dan mengatakan jika Kanada memberi mereka suaka, itu akan berarti campur tangan dalam urusan dalam negeri China.

“Jika pihak Kanada benar-benar peduli dengan stabilitas dan kemakmuran di Hong Kong, dan benar-benar peduli dengan kesehatan dan keselamatan 300.000 pemegang paspor Kanada di Hong Kong, dan sejumlah besar perusahaan Kanada yang beroperasi di Hong Kong SAR, Anda harus mendukung upaya untuk memerangi kejahatan kekerasan, "kata Cong dalam konferensi pers video dari Kedutaan Besar China di Ottawa.

Ditanya apakah komentarnya merupakan ancaman, Cong menjawab, "Itu interpretasi Anda."

Wakil perdana menteri Kanada, Chrystia Freeland mengatakan di Parlemen pada hari Senin bahwa komentar duta besar "sama sekali tidak sesuai dengan semangat negara diplomatik yang sesuai antara dua negara".

Freeland mengatakan Kanada akan menyuarakan hak asasi manusia di China dan mengatakan Kanada akan mendukung warganya yang tinggal di Hong Kong.

 “Izinkan saya juga meyakinkan 300.000 orang Kanada di Hong Kong bahwa orang Kanada adalah orang Kanada dan kami akan mendukung mereka.” Kata Freeland.

Pernyataannya muncul beberapa jam setelah juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahnya telah mengadu ke Kanada atas kritik pers terhadap pernyataan Cong. 

Dia mengatakan para pemimpin Kanada tidak memverifikasi, tetapi juga memaafkan komentar anti-China yang menyebar ke seluruh negeri dan membuat tuduhan tidak berdasar terhadap China.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0