Kim Jong Un Akan Hukum Warganya yang Menyisakan Makanan

Rakyat Korea Utara terancam kelaparan. Pasalnya, pada Mei, Pyongyang hanya bisa memanen setidaknya 860.000 ton bahan pangan,...
Ramses Rianto Manurung - Dunia,Kamis, 12-11-2020 23:55 WIB
Kim Jong Un Akan Hukum Warganya yang Menyisakan Makanan
Pemimpin Korea Utara/ist

Pyongyang, Nusantaratv.com-Lantaran kesulitan memberi makan rakyatnya akibat berbagai bencana alam tahun ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un membuat aturan baru. Dia akan menghukum warganya yang menyisakan makanan.  

Kebijakan tersebut disampaikan Kim melalui Partai Buruh. Ditegaskan pemerintah akan menjatuhkan hukuman keras bagi siapapun yang dianggap gagal melindungi ekonomi negara.

"Bentuk kegagalan melindungi kameradnya adalah menyisakan makanan dan membuangnya," demikian arahan yang dibuat Partai Buruh, Kamis (12/11/2020).

Korea Utara memang sedang menghadapi kondisi berat setelah dihantam tiga badai pada Agustus hingga September. Akibatnya jutaan hektar sawah rusak. Bencana alam itu menyebabkan ekonomi Korea Utara makin menderita, setelah mereka dilanda sanksi internasional dan pandemi virus corona.

Baca juga: Korea Utara Berlakukan Larangan Merokok di Tempat Publik

Sekutu sekaligus negara tetangga Cina bergerak cepat dengan mendonasikan padi dan 550.000 ton pupuk untuk mengerek hasil sawah Pyongyang. Komite pusat partai sudah memerintahkan warga agar ikut mencari solusi. Warga juga diharuskan mulai menggalakkan sistem penyimpanan makanan. 

Sejak Januari, pemerintah Korea Utara menghentikan segala kegiatan perdagangan karena virus corona, termasuk juga dengan Cina.

Pengetatan lain yang dilakukan Korea Utara adalah dengan memerintahkan warganya untuk tidak menggelar perayaan Tahun Baru dengan banyak makanan. Warga diimbau hanya menyediakan buah dan sayur. Sementara untuk tamu hanya boleh makan mi. Kue beras maupun roti dilarang disajikan.

Rakyat Korea Utara terancam kelaparan. Pasalnya, pada Mei, Pyongyang hanya bisa memanen setidaknya 860.000 ton bahan pangan, dari 5,5 juta ton yang dibutuhkan. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0