Dua Tewas, 10 Hilang Akibat Hujan Deras di Jepang Selatan

Lebih dari 75.000 penduduk di prefektur selatan Kumamoto dan Kagoshima diminta untuk mengungsi
Sarah Fiba - Dunia,Sabtu, 04-07-2020 16:10 WIB
Dua Tewas, 10 Hilang Akibat Hujan Deras di Jepang Selatan
(AP)

Nusantaratv.com- Hujan deras di Jepang selatan memicu banjir dan tanah longsor pada hari Sabtu (4/7/20) menyebabkan setidaknya dua orang diperkirakan tewas, sekitar 10 hilang dan puluhan terdampar di atap rumah menunggu untuk diselamatkan, kata para pejabat.

Lebih dari 75.000 penduduk di prefektur selatan Kumamoto dan Kagoshima diminta untuk mengungsi setelah hujan deras semalam. 

Evakuasi tidak wajib dan tidak diketahui berapa banyak yang benar-benar melarikan diri.

“Saya mencium bau lumpur, dan seluruh area bergetar dengan air sungai. Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini, ”seorang pria di tempat penampungan di kota Yatsushiro, Kumamoto barat, mengatakan kepada NHK TV. 

Rekaman NHK menunjukkan area besar kota Hitoyoshi di Kumamoto yang tergenang air berlumpur yang menyembur keluar dari Sungai Kuma.

 Banyak mobil yang terendam hingga ke jendela mereka.

Tanah longsor menabrak rumah-rumah dan air banjir membawa batang-batang pohon yang tumbang. 

Beberapa orang berdiri di atas sebuah toko ketika mereka menunggu penyelamat.

Banjir juga memutus jalur listrik dan komunikasi. Sekitar 8.000 rumah di Kumamoto dan Kagoshima yang berdekatan tanpa listrik, menurut Kyushu Electric Power Co.

Perdana Menteri Shinzo Abe membentuk satuan tugas, bersumpah untuk melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan yang hilang. 

Dia mengatakan hingga 10.000 pasukan pertahanan sedang dimobilisasi untuk operasi penyelamatan.

Badan Meteorologi Jepang sebelumnya mengeluarkan peringatan tentang hujan yang luar biasa di beberapa bagian Kumamoto, sekitar 1.000 kilometer (600 mil) barat daya Tokyo, tetapi kemudian menurunkannya karena curah hujan - diperkirakan 100 milimeter (4 inci) per jam. 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0