China Luncurkan Lab Pengujian Covid-19 Seluler

Laboratorium dapat segera menganalisis sampel asam nukleat,
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 23-10-2020 22:34 WIB
China Luncurkan Lab Pengujian Covid-19 Seluler
(Xinhua)

Nusantaratv.com- Sebuah tim peneliti dari Universitas Tsinghua China dan Beijing CapitalBio Technology Co., Ltd yang berafiliasi dengan universitas telah mengembangkan van penguji seluler, yang disebut COVID-19 Mobile Laboratory. 

Laboratorium dapat segera menganalisis sampel asam nukleat, memungkinkan orang mendapatkan hasil dalam 45 menit, jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Peneliti utama Cheng Jing, juga seorang profesor di Tsinghua, mengatakan lab tersebut dilengkapi dengan robot pengambilan sampel tenggorokan, inaktivator virus dan penganalisis chip mikrofluida otomatis. 

Fasilitas ini dapat mempercepat kecepatan pengujian tiga kali lipat dan menurunkan risiko infeksi virus dibandingkan dengan metode pengambilan sampel konvensional.

Setiap lab memiliki sistem komunikasi 5G untuk pelaporan cepat hasil tes.

"Ini menyadari pengujian cepat di tempat perawatan dan sangat berguna untuk pelabuhan perbatasan, masyarakat dan desa," kata Cheng, dikutip Xinhua pada Jumat (23/10). 

Lab bergerak dapat menyediakan pengujian di tempat untuk 500 hingga 2.000 orang setiap hari dan hanya membutuhkan dua anggota staf dan seorang pengemudi untuk pengoperasiannya.

Lab tersebut sekarang dihargai masing-masing 2 juta yuan (sekitar 299.200 dolar AS) dan kapasitas produksi saat ini sekitar 20 per bulan.

Tim tersebut telah mengirimkan lab keliling pertamanya ke sebuah rumah sakit di Zhuhai, China Selatan awal pekan ini. Ini telah menerima pesanan dari kota-kota seperti Qingdao dan Shenyang.

Beberapa alat, seperti robot pengambilan sampel dan chip deteksi, telah dipatenkan dan laboratorium pengujian COVID-19 seluler buatan China sedang dipasarkan secara global. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0