Vietnam Dihantam Badai Tropis Saudel, Warga Dievakuasi

Wilayah ini telah dilanda curah hujan yang sangat lebat di tengah permulaan sistem cuaca La Niña,
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 21-10-2020 17:51 WIB
Vietnam Dihantam Badai Tropis Saudel, Warga Dievakuasi
(Reuters)

Nusantaratv.com- Vietnam bergegas mengevakuasi ribuan warganya dari rumah mereka saat badai tropis Saudel menghantam negara itu pada Rabu (21/10). 

"Kerusakan akan sangat besar jika kita tidak siap dengan baik karena daerah yang diproyeksikan terkena dampak banjir dan tanah longsor," kata Mai Van Khiem, kepala badan cuaca Vietnam dalam sebuah pernyataan dikutip CNA. 

Wilayah ini telah dilanda curah hujan yang sangat lebat di tengah permulaan sistem cuaca La Niña, yang ditandai dengan suhu dingin yang tidak biasa di Samudra Pasifik ekuator.

Setelah menghantam Filipina, badai itu melanda Laut China Selatan dan diperkirakan akan melanda Vietnam pada hari Minggu, membuat daratan di daerah tengah yang menderita banjir terburuk dalam dua dekade.

Di Filipina, foto-foto menunjukkan banjir yang meluas dan kapal-kapal yang digunakan untuk mengangkut penduduk ke tanah kering di provinsi Quezon, tenggara ibu kota Manila.

Kelompok kemanusiaan telah memperingatkan bahwa banjir di Vietnam akan memperburuk kesulitan yang telah diderita oleh beberapa komunitas termiskin di negara itu karena pandemi COVID-19.

Relawan di seluruh Vietnam telah membuat "banh chung" berkalori tinggi, hidangan tradisional yang terbuat dari bungkusan ketan yang diisi dengan daging babi dan dibungkus dengan daun tropis, untuk dibagikan di daerah yang paling parah terkena dampak.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
1
wow
0