Singapura Kembangkan Tes Napas untuk Deteksi Covid-19

Napas yang dihembuskan kemudian dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam spektrometer
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 21-10-2020 07:58 WIB
Singapura Kembangkan Tes Napas untuk Deteksi Covid-19
(Aljazeera)

Nusantaratv.com-Para peneliti di Singapura telah mengembangkan tes napas untuk mendeteksi  COVID-19 dalam satu menit karena pemerintah tengah berupaya melakukan tahap tiga pelonggaran langkah-langkah keamanan di negara itu.

Menurut peneliti National University of Singapore (NUS), seseorag hanya perlu meniup ke corong sekali pakai yang terhubung ke pengambil sampel napas dengan presisi tinggi untuk melakukan tes ini.

Tes yang mendeteksi Senyawa Organik Volatile (VOC) dalam napas seseorang, mencapai akurasi lebih dari 90 persen dalam uji klinis yang melibatkan 180 pasien.

Napas yang dihembuskan kemudian dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam spektrometer massa untuk pengukuran. 

Perangkat lunak pembelajaran mesin kemudian menganalisis profil VOC dan menghasilkan hasilnya dalam waktu kurang dari satu menit.

CNA melaporkan, teknologi, yang dikembangkan oleh start-up NUS Breathonix, menawarkan solusi cepat dan nyaman untuk mengidentifikasi infeksi COVID-19.

“Penyakit yang berbeda menyebabkan perubahan spesifik pada senyawa, menghasilkan perubahan yang dapat dideteksi pada profil napas seseorang. Dengan demikian, VOC dapat diukur sebagai penanda penyakit seperti COVID-19 ”, kata Dr Jia Zhunan, salah satu peneliti NUS.

Di sisi lain, Singapura juga sedang mengerjakan peta jalan untuk fase tiga pelonggaran langkah-langkah keamanan semi-lockdown, untuk mengendalikan penyebaran COVID-19.

Satuan tugas multi-kementerian COVID-19 mengatakan bahwa negara-kota itu akan tetap dalam Kondisi Sistem Respons Wabah Penyakit (DORSCON) Oranye untuk sementara waktu.

Singapura memasuki tahap kedua dari langkah-langkah pelonggaran pada 19 Juni, dengan lebih banyak bisnis yang diizinkan untuk dibuka kembali sesuai dengan langkah-langkah manajemen yang aman.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0