Singapura Kembangkan Cara uji COVID-19 yang Beri Hasil dalam 36 Menit

Metode pengujian saat ini membutuhkan staf teknis yang sangat terlatih dan dapat memakan waktu beberapa jam sebelum hasilnya...
Sarah Fiba - Dunia,Senin, 27-07-2020 16:34 WIB
Singapura Kembangkan Cara uji COVID-19 yang Beri Hasil dalam 36 Menit
(CNA)

Nusantaratv.com- Para ilmuwan di Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura telah menemukan cara untuk meningkatkan kecepatan memperoleh hasil tes COVID-19 hingga empat kali lipat.

Metode pengujian ditingkatkan untuk COVID-19 menghasilkan hasil dalam 36 menit - sekitar seperempat dari waktu yang dibutuhkan oleh tes standar emas yang ada. 

Metode pengujian saat ini membutuhkan staf teknis yang sangat terlatih dan dapat memakan waktu beberapa jam sebelum hasilnya selesai.

NTU mengatakan pada hari Senin (27/7/20) bahwa  tes dapat dilakukan dengan peralatan portabel dan dapat digunakan di masyarakat sebagai alat skrining.

Pengujian adalah bagian penting dari strategi Pemerintah Singapura untuk mengisolasi dan memagari kasus COVID-19 untuk mencegah pembentukan kelompok besar. 

Saat ini, metode pengujian yang paling sensitif untuk virus corona adalah melalui teknik laboratorium yang disebut polymerase chain reaction (PCR), di mana mesin memperkuat materi genetik dengan menyalinnya berulang-ulang sehingga jejak virus corona dapat dideteksi.

“Metode yang dikembangkan oleh NTU LKCMedicine menggabungkan banyak dari langkah-langkah ini dan memungkinkan pengujian langsung pada sampel pasien kasar, mengurangi waktu penyelesaian dari sampel-ke-hasil, dan menghilangkan kebutuhan untuk bahan kimia pemurnian RNA,” tambah universitas dikutip CNA.

Metode yang sama juga dapat digunakan untuk mendeteksi virus dan bakteri lain, termasuk demam berdarah. Jumlah kasus demam berdarah tahun ini diatur untuk melampaui 22.170 kasus pada tahun 2013 - wabah terburuk di Singapura.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0