Jika Ada 100 Kasus Positif Sehari, Malaysia Lockdown Lagi

Hingga kini 8.897 orang di Malaysia tertular corona
Mochammad Rizki - Dunia,Senin, 27-07-2020 14:07 WIB
Jika Ada 100 Kasus Positif Sehari, Malaysia Lockdown Lagi
Malaysia. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah Malaysia berencana kembali menerapkan lockdown atau karantina. Hal ini dilakukan apabila kasus baru virus corona di negara itu melonjak sampai 100 pasien per hari.

"Jika (kasus harian corona) mencapai tiga digit, kami tidak memiliki pilihan selain menerapkan kembali MCO. Kita lihat," ujar Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob, Minggu (26/7/2020). 

Malaysia kini sedang dalam tahap pemulihan dan tak memberlakukan perintah pengawasan pergerakan (MCO) ketat. Hampir semua kegiatan bisnis serta ekonomi sudah berjalan kembali dengan  menerapkan protokol pencegahan Covid-19 ketat.

Tapi, pemerintah Malaysia kembali mendeteksi lonjakan kasus corona dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam empat hari terakhir, tercatat 23 kasus positif baru pada Sabtu (25/7/2020), 21 kasus pada Jumat, sembilan kasus pada Kamis, serta 16 kasus pada Rabu.

Penemuan kasus ini usai Kementerian Kesehatan sempat mengumumkan nol kasus pada 1 Juli lalu, untuk pertama kalinya sejak Maret.

Menurut Ismail, salah satu penyebab lonjakan adalah masyarakat lupa ancaman corona dan tidak patuhnya terhadap protokol kesehatan. 

"Ini karena publik sudah lupa apa yang perlu dilakukan ketika pemerintah melonggarkan MCO sehingga jumlah kasus (Covid-19) mulai meningkat lagi," tutur Ismail.

"Saya mengerti bahwa jika MCO ditegakkan kembali, itu akan membuat kesulitan bagi semua pihak, termasuk kita yang ingin bekerja dan sebagainya, tetapi langkah itu harus diambil," imbuhnya.

Berdasarkan data dari Worldometer, hingga Senin (27/7/2020), 8.897 orang di Malaysia terinfeksi corona, dan 124 orang di antaranya meninggal dunia. (The Straits Times) 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0