Filipina Duduki Puncak Kasus Virus Corona Tertinggi di Asia Tenggara

Kini, Filipina melampaui Indonesia untuk infeksi terbanyak di Asia Tenggara.
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 07-08-2020 11:28 WIB
Filipina Duduki Puncak Kasus Virus Corona Tertinggi di Asia Tenggara
(CNA)

Nusantaratv.com- Kementerian kesehatan Filipina pada Kamis (6/8/20) melaporkan 3.561 infeksi COVID-19 baru, menjadikan total negara itu menjadi 119.460 dan melampaui Indonesia untuk infeksi terbanyak di Asia Tenggara.

Kementerian itu juga melaporkan 28 kematian lagi, sehingga jumlah total korban jiwa di negara itu menjadi 2.150.

Ibu kota Manila dan provinsi-provinsi sekitarnya pada Selasa kembali di bawah penguncian ketat selama dua minggu untuk menangkap kasus-kasus yang melonjak sejak pembatasan dilonggarkan pada bulan Juni.

Pemerintah telah menempatkan metro Manila dan provinsi terdekat seperti Laguna, Cavite, Rizal dan Bulacan di bawah apa yang disebut "Karantina Komunitas yang Ditingkatkan dan Dimodifikasi" hingga 18 Agustus.

Sebagai pukulan baru bagi perekonomian, beberapa bisnis telah diperintahkan untuk ditutup dan pergerakan dibatasi lagi di wilayah tersebut, yang menyumbang seperempat populasi negara dan sebagian besar aktivitas ekonominya.

Salon rambut, bioskop, dan gym sudah tutup, sedangkan restoran hanya diperbolehkan untuk take-out.  Beberapa bisnis diizinkan untuk beroperasi tetapi dengan kapasitas terbatas.

Pengumuman pemerintah datang setelah 80 kelompok lokal yang mewakili 80.000 dokter dan 1 juta perawat menyerukan kontrol yang lebih ketat, dengan mengatakan negara itu kalah perang melawan virus corona.

Dengan aktivitas ekonomi yang terpukul oleh penguncian COVID-19, ekonomi Filipina jatuh pada kuartal kedua tahun 2020, jatuh ke dalam resesi untuk pertama kalinya dalam 29 tahun.

Perekonomian menyusut 16,5 persen pada kuartal April hingga Juni dari periode yang sama tahun lalu - penurunan terbesar dalam data produk domestik bruto triwulanan pemerintah sejak tahun 1981, kata Otoritas Statistik Filipina. -CNA

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0