Dicurigai Akan Lakukan Serangan Bom Bunuh Diri, WNI Ditangkap di Filipina

Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan, WNI yang ditangkap adalah seorang perempuan. Wanita itu ditangkap pada...
Ramses Rianto Manurung - Dunia,Minggu, 11-10-2020 00:03 WIB
Dicurigai Akan Lakukan Serangan Bom Bunuh Diri, WNI Ditangkap di Filipina
Bendera Filipinja/ist

Filipina, Nusantaratv.com-Seorang warga negara Indonesia (WNI) ditangkap di Filipina karena dicurigai akan melakukan serangan bom bunuh diri.

Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan, WNI yang ditangkap adalah seorang perempuan. Wanita itu ditangkap pada Sabtu (10/10/2020) sebelum sempat beraksi.

Penangkapan itu terjadi kurang dari dua bulan sejak sepasang wanita pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di Pulau Jolo, yang menewaskan 15 orang dan melukai 74 lainnya, seperti diberitakan kantor berita AFP.

Pasukan keamanan Filipina mengarahkan telunjuk ke kelompok militan Abu Sayyaf sebagai dalang di balik serangan 24 Agustus tersebut. Kemudian, pada insiden terbaru kali ini, tersangka WNI diidentifikasi sebagai Rezky Fantasya Rullie.

Ia merupakan janda milisi Indonesia yang tewas di Sulu pada Agustus, kata Satuan Tugas Gabungan untuk wilayah yang bergolak itu dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Empat Terduga Teroris JI Jebolan Suriah Ditangkap Densus 88 di Bekasi

Dia juga diyakini sebagai putri dari dua pelaku bom bunuh diri yang menewaskan 21 orang dalam serangan katedral Katolik di Jolo awal 2019. Serangan itu juga disalahkan kepada kelompok yang terkait dengan Abu Sayyaf.

Saat dikonfirmasi oleh media, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan pihaknya masih menelusuri informasi yang menyebut bahwa warga negara Indonesia (WNI) ditangkap di Filipina karena hendak melakukan bom bunuh diri.

"Perwakilan RI di Filipina masih dalam proses mengonfirmasikan kebenaran berita ini," kata Teuku Faizasyah kepada Kompas.com.

Menurut Teuku, upaya konfirmasi kepada otoritas di Filipina tengah dilakukan, baik oleh Kedutaan Besar RI di Manila maupun Konsulat Jenderal RI di Davao.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0