ASEAN Galang Dana 10 Juta Dollar Untuk Tangani Covid-19

Sejumlah negara di luar ASEAN, seperti Jepang, Cina, Korea Selatan, Singapura, Inggris, Swiss turut berpartisipasi dalam...
Ramses Rianto Manurung - Dunia,Jumat, 13-11-2020 00:25 WIB
ASEAN Galang Dana 10 Juta Dollar Untuk Tangani Covid-19
Perwakilan Cina dalam KTT ASEAN ke-37 2020/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Organisasi negara-negara se-Asia Tenggara atau ASEAN berhasil mengumpulkan dana darurat penanganan pandemi covid-19 sebesar 10 juta Dollar Amerika Serikat.

Penggalangan dana dilakukan melalui Covid-19 ASEAN emergency respond fund. Sejumlah negara di luar ASEAN, seperti Jepang, Cina, Korea Selatan, Singapura, Inggris, Swiss turut berpartisipasi dalam pendanaan tersebut.

"ASEAN berusaha untuk merespon sejak awal terjadinya pandemi baik dari sisi kesehatan mau pun respon dari sisi kerja sama ekonomi," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers di Istana Bogor usai mendampingi Presiden Joko Widodo hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN, Kamis (13/11).

Selain melakukan penggalangan dana, kata Retno, ASEAN juga telah merancang rencana kerja pemulihan dalam ASEAN Comprehensive Recovery Framework. Hal itu dilakukan melalui kerja sama antar negara ASEAN mau pun dengan negara mitra.

Baca juga: Penduduk RI Paling Optimis Atasi Covid-19

Tak hanya itu, ASEAN juga telah menyiapkan cadangan obat-obatan untuk kesehatan masyarakat di regional (ASEAN Regional Reserve of Medical Supplies for Public Health Emergency). Obat-obatan disumbangkan oleh anggota ASEAN untuk kondisi darurat kesehatan.

Pada KTT tersebut juga disepakati ASEAN Travel Corridor Arrangement yang mengatur perjalanan bisnis dengan protokol ketat. Hal itu diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi.

Hadir pula dalam KTT ke-37 itu Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dirjen WHO menyampaikan kasus Covid-19 yang telah mencapai lebih dari 50 juta dengan angka kematian lebih dari 1,5 juta.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0