WHO :Seluruh Dunia Harus Merasakan Manfaat Vaksin COVID-19

WHO mengatakan pandemi telah menunjukkan adanya kebutuhan mendesak
Sarah Fiba - Dunia,Sabtu, 14-11-2020 08:15 WIB
WHO :Seluruh Dunia Harus Merasakan Manfaat Vaksin COVID-19
(WHO)

Nusantaratv.com-Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji kemajuan pesat vaksin COVID-19 tetapi bersikeras pada Jumat (13/11) bahwa setiap negara harus menuai manfaat.

"Vaksin akan menjadi alat vital untuk mengendalikan pandemi, dan kami didorong oleh hasil awal uji klinis yang dirilis minggu ini," kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam penutupan pertemuan tahunan WHO dikutip CNA. 

Raksasa farmasi AS Pfizer dan mitranya dari Jerman BioNTech mengumumkan pada Senin bahwa vaksin kandidat mereka telah terbukti 90 persen efektif dalam uji coba fase akhir yang sedang berlangsung yang melibatkan lebih dari 40.000 orang, kurang dari setahun setelah virus corona baru muncul di China.

"Tidak pernah dalam sejarah penelitian vaksin berkembang begitu cepat. Kita harus menerapkan urgensi dan inovasi yang sama untuk memastikan bahwa semua negara mendapat manfaat dari pencapaian ilmiah ini," tambah Tedros.

Virus corona telah menewaskan hampir 1,3 juta orang sementara lebih dari 52,7 juta kasus telah terdaftar, menurut penghitungan dari sumber resmi yang dikumpulkan oleh AFP.

Namun, penghitungan tersebut mungkin hanya mencerminkan sebagian kecil dari jumlah infeksi yang sebenarnya. Banyak negara hanya menguji kasus yang bergejala atau paling serius.

Tedros mengatakan pandemi telah menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk sistem yang disepakati secara global untuk berbagi bahan patogen dan sampel klinis. 

Demi  memfasilitasi perkembangan pesat vaksin, diagnostik, dan terapeutik COVID-19 sebagai barang publik global. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0