Trump Larang Investasi AS di Perusahaan Milliter China

Perintah itu akan melarang transaksi apa pun oleh investor AS dalam sekuritas mereka mulai 11 Januari,
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 13-11-2020 17:00 WIB
Trump Larang Investasi AS di Perusahaan Milliter China
(Bloomberg)

Nusantaratv.com- Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menandatangani perintah eksekutif yang melarang investasi AS di perusahaan China yang diklaim dikendalikan oleh militer China.

Reuters melaporkan, perintah tersebut dapat memengaruhi beberapa perusahaan terbesar China, termasuk perusahaan telekomunikasi China Telecom Corp Ltd, China Mobile Ltd dan pembuat peralatan pengawasan Hikvision.

Langkah itu dirancang untuk mencegah perusahaan investasi AS, dana pensiun, dan lainnya membeli dan menjual saham dari 31 perusahaan China yang ditunjuk oleh departemen pertahanan yang didukung oleh militer China awal tahun ini.

Perintah itu akan melarang transaksi apa pun oleh investor AS dalam sekuritas mereka mulai 11 Januari, sembilan hari sebelum Trump akan meninggalkan gedung putih.

" China semakin mengeksploitasi modal Amerika Serikat untuk sumber daya dan untuk memungkinkan pengembangan dan modernisasi militer, intelijen, dan perangkat keamanan lainnya, yang terus memungkinkan RRT untuk secara langsung mengancam tanah air Amerika Serikat dan pasukan Amerika Serikat di luar negeri, "ujar Trump.

Langkah tersebut mengindikasikan Trump, yang dikalahkan oleh Biden dalam pemilu 3 November, berusaha memanfaatkan bulan-bulan pemerintahannya yang memudar untuk meningkatkan tekanan terhadap Beijing.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0