Soal Huawei, AS ke Brasil : Hati-hati!

Amerika Serikat telah secara aktif melobi negara-negara di seluruh dunia untuk memboikot Huawei
Sarah Fiba - Dunia,Kamis, 30-07-2020 12:31 WIB
Soal Huawei, AS ke Brasil : Hati-hati!
(Reuters)

Nusantaratv.com- Duta Besar AS di Brasilia memperingatkan "konsekuensi" jika Brasil memilih perusahaan telekomunikasi Cina Huawei untuk mengembangkan jaringan 5G-nya. 

"Saya tidak akan mengatakan akan ada pembalasan, tetapi akan ada konsekuensi" jika Brasil menentang saran AS dan memilih perusahaan China, Duta Besar Todd Chapman mengatakan kepada surat kabar Globo, Rabu (29/7/20). 

Brasil akan meluncurkan tender tahun depan untuk mengembangkan proyek generasi berikutnya dari teknologi telekomunikasi di negara terpadat di Amerika Latin itu, rumah bagi 212 juta orang.

Amerika Serikat telah secara aktif melobi negara-negara di seluruh dunia untuk memboikot Huawei, dengan alasan perusahaan itu dapat memungkinkan pemerintah Cina memata-matai data mereka.

"Kapan saja, pemerintah Cina dapat meminta Huawei untuk mengirimkan informasi itu," kata Chapman.

"Tidak ada perusahaan Amerika murni dalam menjalankan. Saya tidak mengatakan ini untuk menghasilkan satu miliar dolar. Ini masalah keamanan nasional."

Perusahaan lain yang menunjukkan minat dalam tender 5G Brasil termasuk Ericsson Swedia dan Nokia Finlandia.

Chapman juga memperingatkan Brasil bisa menakut-nakuti investasi asing dengan mengontrak perusahaan yang diklaim AS melanggar hak kekayaan intelektual dan menerima dukungan negara yang tidak adil yang membuat para pesaingnya dirugikan.

"Posisi AS adalah untuk memperingatkan sekutu dan teman kita, seperti Brasil, sehingga mereka tahu dengan siapa mereka bekerja," katanya.

Chapman mengatakan Amerika Serikat siap membantu mengamankan dana melalui International Development Finance Corporation, sebuah lembaga pemerintah AS, untuk menggelar 5G "bagi mereka yang membeli produk dari pemasok yang dapat diandalkan."

Perselisihan itu terjadi di tengah apa yang banyak analis gambarkan sebagai "Perang Dingin baru" antara AS dan Cina.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0