Satu Juta Kematian Covid-19 Dunia, Ini Kata PBB

Sementara itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut kini dunia telah mencapai tonggak paling menyedihkan.
Sarah Fiba - Dunia,Selasa, 29-09-2020 22:12 WIB
Satu Juta Kematian Covid-19 Dunia, Ini Kata PBB
(Reuters)

Nusantaratv.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggambarkan 1 juta kematian akibat COVID-19 sebagai "tonggak yang menyakitkan", bahkan saat infeksi terus meningkat. 

Jumlah kematian akibat virus corona sekarang dua kali lipat dari jumlah orang yang meninggal setiap tahun akibat malaria - dan tingkat kematian meningkat dalam beberapa pekan terakhir seiring lonjakan infeksi di beberapa negara.

Hanya butuh tiga bulan untuk kematian karena COVID-19 menjadi dua kali lipat dari setengah juta, tingkat kematian yang semakin cepat sejak kematian pertama tercatat di China pada awal Januari.

Lebih dari 5.400 orang meninggal di seluruh dunia setiap 24 jam, menurut perhitungan Reuters berdasarkan rata-rata September, bisnis pemakaman dan pemakaman yang luar biasa.

Itu setara dengan sekitar 226 orang per jam, atau satu orang setiap 16 detik. Dalam waktu yang dibutuhkan untuk menonton pertandingan sepak bola 90 menit, rata-rata 340 orang meninggal.

Sementara itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  menyebut kini dunia telah mencapai tonggak paling menyedihkan.

"Dunia kita telah mencapai tonggak yang menyedihkan," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan, Selasa (29/9) dikutip CNA.

"Begitu banyak orang telah kehilangan orang terdekatnya dan tidak memiliki kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal. Banyak orang yang meninggal meninggal sendirian. Ini kematian yang sangat sulit dan sepi," kata juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Harris kepada PBB dalam pengarahan di Jenewa.

"Satu hal positif tentang virus ini adalah dapat ditekan, bukan flu."tandasnya.

Para ahli tetap prihatin bahwa angka resmi kematian dan kasus secara global secara signifikan kurang mewakili penghitungan sebenarnya karena pengujian dan pencatatan yang tidak memadai dan kemungkinan penyembunyian oleh beberapa negara.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0