Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19 Meninggal di Brasil

Kematian tersebut adalah yang pertama dilaporkan dalam berbagai uji coba vaksin
Sarah Fiba - Dunia,Kamis, 22-10-2020 08:45 WIB
Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19 Meninggal di Brasil
(CGT)

Nusantaratv.com- Seorang relawan yang berpartisipasi dalam uji coba vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca telah meninggal di Brasil.

Kematian tersebut adalah yang pertama  dilaporkan dalam berbagai uji coba vaksin virus corona yang berlangsung di seluruh dunia.

Namun, penyelenggara studi mengatakan tinjauan independen telah menyimpulkan tidak ada masalah keamanan dan pengujian vaksin akan terus berlanjut.

Sejauh ini, AstraZeneca langsung menolak berkomentar.

Laporan media mengatakan relawan itu adalah seorang dokter berusia 28 tahun yang bekerja di garis depan pandemi yang meninggal karena komplikasi akibat COVID-19.

Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinasikan uji klinis fase 3 di Brasil, mengatakan komite peninjau independen juga merekomendasikan uji coba dilanjutkan. 

Universitas sebelumnya mengkonfirmasi bahwa sukarelawan itu adalah orang Brasil tetapi tidak memberikan rincian pribadi lebih lanjut.

"Semuanya berjalan seperti yang diharapkan, tanpa catatan komplikasi serius terkait vaksin yang melibatkan sukarelawan yang berpartisipasi," kata universitas Brasil itu dalam sebuah pernyataan dikutip CNA.

Sejauh ini, 8.000 dari 10.000 sukarelawan yang direncanakan dalam uji coba telah direkrut dan diberikan dosis pertama di enam kota di Brasil, dan banyak yang telah menerima suntikan kedua, kata juru bicara universitas.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0