Penyelidikan Wawancara ‘Jebakan’ Putri Diana Dimulai

Penyelidikan akan dipimpin mantan hakim Mahkamah Agung, dan fokus pada bagaimana BBC mendapatkan wawancara tersebut.
Supriyanto - Dunia,Kamis, 19-11-2020 18:20 WIB
Penyelidikan Wawancara ‘Jebakan’ Putri Diana Dimulai
Putri Diana

Nusantaratv.com – Pangeran William menyambut baik dilakukannya penyelidikan baru untuk menguak bagaimana BBC bisa mendapatkan wawancara bersama ibunya, Putri Diana, pada tahun 1995. Beredar tuduhan bahwa wawancara itu berhasil dilakukan setelah Putri Diana dijebak.

Penyelidikan akan dipimpin mantan hakim Mahkamah Agung, dan fokus pada bagaimana BBC mendapatkan wawancara tersebut. Selain itu juga akan diselidiki, apakah ada yang ditutup-tutupi oleh para eksekutif.

“Penyelidikan independen adalah langkah menuju arah yang tepat,” kata William seperti dilansir Reuters, Kamis (19/11).

“Ini akan membantu mengungkapkan kebenaran di balik tindakan dan keputusan yang diambil oleh mereka di BBC saat itu,” lanjutnya.

Dalam wawancara yang telah ditonton lebih dari 20 juta orang Inggris, Diana mengakui telah melakukan perselingkuhan. Ia juga mengungkapkan detail dari pernikahannya yang gagal dengan pewaris takhta, Pangeran Charles.

Baca Juga: Dua Menit Lepas Landas Jet Tempur Taiwan Langsung Hilang 

Sementara itu, saudara lelaki Diana, Charles Spencer, mengatakan BBC sama sekali tidak meminta maaf untuk apa yang dia sebut sebagai dokumen palsu dan ‘tipuan lain’ memperkenalkan jurnalis Martin Bashir kepada Diana.

Direktur Jenderal BBC Tim Davie mengatakan, BBC bertekad untuk mengungkap kebenaran tentang klaim dari adik Diana. Spencer mengatakan, Bashir membuat serangkaian hal terhadap dirinya dan Diana, seperti Diana yang disadap dinas keamanan dan dua asisten senior disuap untuk memberikan informasi mengenai Diana. Bashir dituduh memberikan laporan palsu dari bank untuk mendukung aksi ini.

Hingga saat ini Bashir belum memberikan komentar kepada media. Menurut BBC, jurnalis yang menjadi terkenal berkat wawancaranya dengan Diana itu kini sedang cuti sakit setelah menjalani operasi jantung dan isolasi mandiri terkait covid-19.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0