PBB Sebut Amerika Latin dan Karibia Adalah 'Hot Spot' COVID-19 Dunia

Guterres mengatakan Amerika Latin dan Karibia sudah menghadapi layanan kesehatan yang terpecah-pecah
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 10-07-2020 13:06 WIB
PBB Sebut Amerika Latin dan Karibia Adalah 'Hot Spot' COVID-19 Dunia
(Reuters)

Nusantaratv.com- Amerika Latin dan Karibia telah menjadi pusat untuk pandemi COVID-19, dengan beberapa negara sekarang memiliki salah satu tingkat infeksi per kapita tertinggi dan jumlah kasus absolut di dunia, Sekretaris PBB- Jenderal Antonio Guterres mengatakan pada Kamis (9/7/20) dikutip AP.

Kepala PBB mengatakan dalam laporan video dan briefing bahwa kontraksi 9,1% dalam PDB diperkirakan tahun ini di wilayah tersebut, yang akan menjadi "terbesar dalam satu abad."

"COVID-19 mewakili goncangan kesehatan, sosial dan ekonomi yang sangat besar dengan korban manusia yang sangat besar untuk negara-negara Amerika Latin dan Karibia," kata laporan itu. 

Guterres mengatakan Amerika Latin dan Karibia sudah menghadapi layanan kesehatan yang terpecah-pecah - dan orang-orang yang paling rentan di kawasan itu sekali lagi dihantam paling keras oleh COVID-19.

"Transmisi COVID-19 di perkotaan menjadi perhatian khusus ke Amerika Latin dan Karibia sebagai wilayah berkembang yang paling urban di dunia," kata laporan itu.

Dengan sistem kesehatan yang terfragmentasi dan tidak setara, negara-negara yang paling terkena dampak pandemi - yang tidak disebutkan Guterres - "tidak siap untuk menangani krisis kesehatan dan manusia dalam skala ini," kata laporannya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0