Paus Fransiskus Ibaratkan Aborsi Pembunuh Bayaran

Menurut tak tepat menyelesaikan masalah dengan membunuh manusia
Mochammad Rizki - Dunia,Minggu, 29-11-2020 02:32 WIB
Paus Fransiskus Ibaratkan Aborsi Pembunuh Bayaran
Paus Fransiskus. (Net)

Nusantaratv.com - Paus Fransiskus mengibaratkan aborsi seperti menyewa pembunuh bayaran. Hal ini disampaikan Paus sebagai bentuk kecamannya atas undang-undang terkait hal itu, yang disahkan di Argentina.

Aturan itu membuat orang yang menggugurkan janinnya tak diproses secara hukum.

Baca juga: Maradona Meninggal, Paus Fransiskus Sangat Kehilangan 

Paus mendukung perempuan Argentina yang memprotes dekriminalisasi pelaku aborsi.

Dalam suratnya kepada para demonstran, Paus menyatakan negara bangga terhadap mereka, dan meminta pengunjuk rasa untuk menentang aturan baru tersebut. 

Surat Paus merepons tulisan seorang perempuan di Buenos Aires pada 18 November, dimana pergerakan mereka sudah terjadi pada 2018, saat UU itu masih dibahas di parlemen.

Debat mengenai hal itu kembali memanas pada pekan lalu, kala Presiden Alberto Fernandez mengajukan rancangan prosedur yang legal, aman, serta gratis bagi semua wanita.

Upaya itu lalu mendapatkan sikap kontra dari sejumlah perempuan, dimana mereka selanjutnya menulis surat kepada Paus. 

Dalam tanggapannya yang dimuat di 22 November, Paus menulis menggugurkan secara paksa sebuah janin tak saja dipertanyakan secara agama.

Tetapi juga menyangkut etika manusia, sikap yang pertama dan terutama yang berdiri di atas agama. Ia lalu mengajukan pertanyaan menohok. 

"Apakah adil untuk memusnahkan hidup manusia untuk menyelesaikan masalah? Apakah sudah benar menyewa pembunuh untuk menuntaskannya?" tanya Paus. 

Presiden Alberto menjelaskan, apabila disahkan, nantinya regulasi tersebut akan mencegah perempuan melakukan prosedur aborsi yang rahasia dan berbahaya. Demikian dikutip dari The Sun. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0