Partai Buruh Pimpinan Jacinda Ardern Menang Telak di Pemilu Selandia Baru

Partai Buruh kiri-tengah Ardern memenangkan 49,1
Raymond - Dunia,Minggu, 18-10-2020 08:50 WIB
Partai Buruh Pimpinan Jacinda Ardern Menang Telak di Pemilu Selandia Baru
Jacinda Ardern

Nusantaratv.com - Pemilihan Umum di Selandia baru menjadi kemenangan bagi Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. Pasalnya, Partai Buruh pimpinannya berhasi menang telak setelah semua suara dihitung.

Dikutip dari BBC, pada hari ini, dimana Partai Buruh kiri-tengah Ardern memenangkan 49,1% dan menghasilkan 64 kursi, tentunya ini menjadi hasil yang sangat luar biasa dalam sejarah pemilu di negara tersebut.

Sementara itu, Partai Nasional yang menjadi oposisi kanan-tengah memenangkan 26,8% dalam pemungutan suara pada Sabtu (17/10) dan hanya mendapatkan 35 kursi dari 120 kursi majelis.

Sebagaimana diketahui, Pemilu sebelumnya diadakan pada September lalu, namun terpaksa ditunda sebulan setelah wabah Covid-19 baru. Menjelang pemungutan suara hari Sabtu, lebih dari satu juta orang memberikan suara dalam pemungutan suara awal, yang dibuka pada 3 Oktober.

"Selandia Baru telah menunjukkan Partai Buruh dukungan terbesarnya dalam hampir 50 tahun. Kami tidak akan menerima begitu saja dukungan Anda. Dan saya dapat berjanji kepada Anda bahwa kami akan menjadi partai yang mengatur setiap orang Selandia Baru,” kata Ardern.

Pemimpin Partai Nasional (NAT) Judith Collins memberi selamat kepada Ardern dan berjanji partainya akan menjadi "oposisi yang kuat".

"Tiga tahun akan berlalu dalam sekejap mata. Kami akan kembali," kata Collins, mengacu pada pemilihan yang dijadwalkan berikutnya. Tidak ada partai yang berhasil memenangkan mayoritas langsung di Selandia Baru sejak memperkenalkan sistem pemungutan suara yang dikenal sebagai representasi proporsional anggota campuran (MMP) pada tahun 1996.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0