Kontroversi Paus Fransiskus Soal Dukungan LGBT di Film Francesco

Orang homoseksual memiliki hak untuk berada dalam sebuah keluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan
Raymond - Dunia,Kamis, 22-10-2020 16:28 WIB
Kontroversi Paus Fransiskus Soal Dukungan LGBT di Film Francesco

Nusantaratv.com - Pemimpin Gereja katolik Vatikan, Paus Fransiskus mendadak ramai diperbincangkan di sosial media. Pasalnya, ia disebut-sebut mendukung adanya pembuatan dasar hukum tentang hubungan sesama jenis atau LGBT.

Dimana hal ini ia sampaikan dalam film Fransesco, sebuah film dolkumenter yang ditayangkan perdana di Festival Film Roma, pada Rabu (21/10) kemarin.

"Orang homoseksual memiliki hak untuk berada dalam sebuah keluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya," kata Paus dalam film tersebut seperti yang dikutip dari Catholic News Agency.

Adapun pada sesi wawancara dalam film tersebut, Paus Fransiskus mengungkapkan, bahwa dirinya tidak menentang ikatan sipil pasangan sesama jenis. Namun, ini adalah pertama kalinya dia secara langsung menyatakan dukungannya. Paus pun mengusulkan untuk membuat undang-undang untuk melindungi mereka.

"Apa yang harus kita buat adalah undang-undang ikatan sipil. Dengan cara itu, mereka dilindungi undang-undang," jelasnya.

Tentunya, di Indonesia pembahaan mengenai pernyataan Paus Franasiscus juga menjadi perhatian. Namun tentunya beragam tanggapan yang ada.

Sumber: @Mentimoen

“Dalam Gereja Katolik yg dari dulu menentang perilaku LGBT (tetapi ga pernah usulkan LGBT illegal), ada desakan kearah penerimaan LGBT di Vatican.

Baguslah, setidaknya satu instusi agama besar mulai menapak ke arah yg lebih manusiawi. Itu akan berpengaruh besar,” tulis akun @Mentimoen,

Adapula yang masih mencari kebenaran informasi tersebut, melalu sejumlah berita.

Sumber: @albertuspantra

“Gw masih mencari berita resminya. But klo dari berita ini, ini pandangan gw.

1. Yang harus dipahami utk semua org adalah ini bukan pandangan resmi gereja. Ini pandangan pribadi Paus Fransiskus.

2. LGBT adalah manusia seperti kita juga dan kita diajak untuk respect dengan mereka,” ujar akun @albertuspantra.

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0