Joe Biden Tunjuk Kamala Harris untuk Jadi Wapres Wanita Kulit Hitam Pertama

Dia adalah wanita kulit hitam pertama yang terpilih sebagai jaksa agung California
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 12-08-2020 10:04 WIB
Joe Biden Tunjuk Kamala Harris untuk Jadi Wapres Wanita Kulit Hitam Pertama
(AFP)

Nusantaratv.com- Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden memilih Kamala Harris sebagai cawapresnya pada Selasa (11/8/10), pilihan penting yang menempatkan senator dalam pertarungan untuk menjadi perempuan pertama Amerika, dan wakil presiden kulit hitam pertama.

Putri dari seorang ibu India dan ayah Jamaika, Harris juga orang Asia-Amerika pertama yang mendapat tiket utama presiden. 

Dia adalah wanita kulit hitam pertama yang terpilih sebagai jaksa agung California, dan hanya wanita kulit hitam kedua, dan wanita pertama keturunan Asia Selatan, yang terpilih menjadi anggota Senat AS..

Dengan keresahan sosial atas ketidakadilan rasial yang mengguncang negara selama berbulan-bulan, Biden berada di bawah tekanan yang meningkat untuk memilih wanita kulit hitam sebagai pasangannya. 

Harris, seorang senator berusia 55 tahun dari California yang mencalonkan diri sendiri untuk Gedung Putih.

Biden di Twitter menyebut Harris sebagai "pejuang tak kenal takut untuk si kecil, dan salah satu pegawai negeri terbaik di negara itu". Harris menulis di Twitter bahwa Biden bisa "mempersatukan rakyat Amerika karena dia menghabiskan hidupnya berjuang untuk kita".

Biden dan Harris akan tampil bersama pada Rabu di sebuah acara di kampung halamannya di Wilmington, Delaware, kata kampanye itu.

Harris akan diandalkan untuk membantu memobilisasi orang Afrika-Amerika, daerah pemilihan paling setia dari Partai Demokrat. Empat tahun lalu, penurunan pertama dalam partisipasi pemilih kulit hitam dalam 20 tahun berkontribusi pada kekalahan mengecewakan dari Partai Demokrat Hillary Clinton dari Trump.

Biden, yang kampanye pendirinya diselamatkan oleh pemilih kulit hitam di pemilihan pendahuluan di Carolina Selatan pada bulan Februari, membutuhkan dukungan kuat mereka terhadap Trump. 

Mereka akan menjadi penting di negara bagian medan pertempuran seperti Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin, tempat Trump menang tipis pada tahun 2016, serta negara bagian selatan yang condong ke Republik seperti Georgia dan Florida yang menurut jajak pendapat telah menjadi kompetitif tahun ini.

Biden menjabat sebagai wakil presiden selama delapan tahun di bawah Presiden Barack Obama, presiden kulit hitam AS pertama.

Harris, mantan jaksa penuntut dan jaksa agung negara bagian di California, dikenal karena gaya bertanya yang terkadang agresif di Senat, terutama tentang Brett Kavanaugh selama sidang konfirmasi Mahkamah Agung 2018.

Biden secara terbuka berkomitmen untuk memilih seorang wanita sebagai wakilnya dalam debat Maret setelah mendiskusikan masalah tersebut dengan istrinya Jill.

Harris akan dikukuhkan sebagai cawapres Biden di konvensi Demokrat yang dimulai pada Senin, di mana Biden juga akan secara resmi dicalonkan untuk menantang Trump.-Reuters

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0