Jika Biden Menang, Seperti Apa 100 Hari Pertama Kepemimpinannya?

Nasib 100 hari pertama Biden sangat bergantung pada partai mana yang mengontrol Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 28-10-2020 14:42 WIB
Jika Biden Menang, Seperti Apa 100 Hari Pertama Kepemimpinannya?
(TBG)

Nusantaratv.com- Jika Joe Biden memenangkan pemilu AS 2020 melawan Donald Trump minggu depan, sejumlah pakar memprediksi tentang bagaimana 100 hari pertama masa kepemimpinan senator Demokrat itu.

Melansir The Guardian, presiden terpilih baru diprediksi akan menghadapi tekanan besar untuk menerapkan daftar prioritas pada berbagai masalah mulai dari kebijakan luar negeri hingga krisis iklim, membalikkan banyak perubahan mencolok yang diterapkan oleh pendahulunya.

Tetapi tugas pertama dan paling mendesak Biden selama 100 hari pertamanya di Gedung Putih adalah meluncurkan rencana nasional baru untuk memerangi krisis virus corona, yang telah merenggut lebih dari 220.000 nyawa di AS dan menginfeksi jutaan orang - lebih banyak daripada negara lain mana pun.

‌“Dia pada dasarnya harus melakukan sesuatu yang bersejarah,” kata Saikat Chakrabarti, seorang aktivis Demokrat dan mantan kepala staf anggota kongres wanita progresif New York Alexandria Ocasio-Cortez. 

‌"Dia sedang mengalami depresi, pandemi, dan dia terpilih dengan mandat untuk benar-benar menyelesaikan masalah ini dan melakukan sesuatu yang besar."tambahnya.

‌Dalam skenario kasus terbaik untuk Biden, dia akan terpilih secara telak, dan Demokrat akan membalikkan Senat, mengambil kendali atas kedua kamar Kongres. 

‌Jika itu terjadi, Biden dan timnya dapat memberlakukan rencana paling ambisius mereka untuk menjadi presiden dengan perasaan yang sama seperti Franklin Delano Roosevelt, yang melihat program pemulihan dan bantuan New Deal yang luas sebagai tanggapan terhadap krisis ekonomi tahun 1930-an.

‌Pada saat pelantikan Januari 2021 mendatang, lebih dari 350.000 orang Amerika mungkin telah meninggal karena virus corona, menurut proyeksi yang mengasumsikan kebijakan dan lintasan saat ini dipertahankan.

‌"Urutan bisnis pertama Biden di kantor mungkin akan ditujukan untuk menahan korban tewas dan mengatasi kerusakan ekonomi," kata Neera Tanden, yang merupakan direktur kebijakan domestik untuk kampanye presiden Obama-Biden.

‌Nasib 100 hari pertama Biden sangat bergantung pada partai mana yang mengontrol Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat - dan oleh berapa banyak kursi. 

‌Presiden yang akan datang sering kali membawa mayoritas Senat baru bersama mereka

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0