Jerman Sebut Vaksin COVID-19 Rusia Belum Layak Uji Coba

Hanya sekitar 10 persen uji klinis yang berhasil
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 12-08-2020 15:09 WIB
Jerman Sebut Vaksin COVID-19 Rusia Belum Layak Uji Coba
(Reuters)

Nusantaratv.com- Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn pada Rabu (12/8/20) mengatakan vaksin COVID-19 Rusia belum cukup diuji, menambahkan tujuannya adalah untuk memiliki produk yang aman daripada hanya menjadi yang pertama mulai memvaksinasi di dunia.

Presiden Vladimir Putin mengumumkan pada hari Selasa (11/8/20) bahwa Rusia telah menjadi negara pertama yang memberikan persetujuan peraturan untuk vaksin COVID-19 setelah kurang dari dua bulan pengujian pada manusia

Keputusan Moskow untuk memberikan persetujuan sebelum uji coba terakhir selesai telah menimbulkan kekhawatiran di antara beberapa ahli.

"Bisa berbahaya untuk mulai memvaksinasi jutaan, jika tidak milyaran, orang terlalu dini karena hal itu bisa mematikan penerimaan vaksinasi jika terjadi kesalahan, jadi saya sangat skeptis tentang apa yang terjadi di Rusia," kata Spahn kepada radio. penyiar Deutschlandfunk.

"Saya akan senang jika kami memiliki vaksin awal yang bagus tetapi berdasarkan semua yang kami ketahui - dan itulah masalah mendasar, yaitu bahwa Rusia tidak memberi tahu kami banyak - ini belum cukup diuji," tambahnya.

Spahn mengatakan sangat penting, bahkan selama pandemi, untuk melakukan studi dan tes yang tepat dan mempublikasikan hasilnya untuk memberi kepercayaan kepada orang-orang terhadap vaksin.

"Ini bukan tentang menjadi yang pertama entah bagaimana - ini tentang memiliki vaksin yang efektif, teruji dan karena itu aman," katanya ketika ditanya tentang vaksin Rusia, yang akan disebut Sputnik V sebagai penghormatan kepada satelit pertama di dunia yang diluncurkan oleh Uni Soviet.

Hanya sekitar 10 persen uji klinis yang berhasil dan beberapa ilmuwan khawatir Moskow mungkin menempatkan prestise nasional di atas keselamatan.

 Peluncuran massal di Rusia diharapkan dimulai pada bulan Oktober.- Reuters.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0