Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg Tutup Usia, Trump : Dia Wanita Luar Biasa

Ginsburg, yang dikenal oleh para pendukungnya sebagai RBG, juga pernah dirawat di rumah sakit pada Mei.
Sarah Fiba - Dunia,Minggu, 20-09-2020 10:00 WIB
Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg Tutup Usia,  Trump : Dia Wanita Luar Biasa
(Npr)

Nusantaratv.com- Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg meninggal dunia pada usia 87 tahun, kata pengadilan dalam sebuah pernyataan, Jumat (18/9).

Dia meninggal karena kanker pankreas metastatik di rumahnya di Washington, DC, dikelilingi oleh keluarganya, kata pernyataan itu.

"Bangsa kami telah kehilangan ahli hukum yang memiliki reputasi bersejarah," ujar Ketua Mahkamah Agung John Roberts dalam sebuah pernyataan. 

"Kami di Mahkamah Agung telah kehilangan seorang kolega yang disayangi. Hari ini kami berduka, tetapi dengan keyakinan bahwa generasi mendatang akan mengingat Ruth Bader Ginsburg seperti yang kami kenal - seorang pejuang keadilan yang tak kenal lelah dan tegas."tambahnya.

Sementara itu, Presiden Donald Trump, berkomentar tentang kematian Ginsburg, mengatakan: "Dia adalah wanita yang luar biasa."

"Dia menjalani kehidupan yang luar biasa," kata Trump.

Ginsburg pertama kali dirawat di rumah sakit pada Juli lalu karena dugaan infeksi ketika dia menjalani prosedur endoskopi untuk membersihkan stent saluran empedu yang dipasang Agustus lalu.

Dia dirawat lagi di rumah sakit pada akhir Juli untuk menjalani prosedur "invasif minimal" lainnya di New York.

Ginsburg, yang dikenal oleh para pendukungnya sebagai RBG, juga pernah dirawat di rumah sakit pada Mei. Dia juga beberapa kali dirawat di rumah sakit pada 2019 dan 2018.

Dia pernah mengalami serangkaian masalah kesehatan termasuk serangan kanker pankreas pada 2019 dan kanker paru-paru pada 2018, serangan kanker pankreas sebelumnya pada 2009 dan kanker usus besar pada 1999.-Reuters.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0