Donald Trump Sebut AS Akan Daratkan Orang Pertama di Mars dan Wanita Pertama di Bulan

NASA Merencanakan Pemukiman Manusia Pertama di Bulan Pada 2028.
Adiantoro - Dunia,Minggu, 18-10-2020 14:30 WIB
Donald Trump Sebut AS Akan Daratkan Orang Pertama di Mars dan Wanita Pertama di Bulan
Presiden AS Donald Trump. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan AS akan menjadi negara pertama yang mendaratkan manusia di Planet Mars dan juga menjadi yang pertama mendaratkan wanita di Bulan.

Amerika akan mendaratkan wanita pertama di Bulan dan Amerika Serikat akan menjadi negara pertama yang mendaratkan astronot di Mars, kami semakin dekat - kata Trump pada rapat umum kampanyenya di Janesville, Wisconsin, Sabtu (17/10/2020), dikutip dari Sputnik News, Minggu (18/10/2020).

Sebelumnya, CEO SpaceX Elon Musk mengatakan perusahaannya berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan misi tanpa awak pertama ke Mars menggunakan roket Starship dalam empat tahun mulai saat ini.

Menurut Musk, SpaceX memiliki ambisi yang lebih besar agar misi Starship dapat mengangkut orang ke Bulan dan Mars. Menurut SpaceX, misi bulan Starship dapat dimulai paling cepat 2022.

Baca Juga: NASA Gandeng Nokia, Bangun Jaringan 4G di Bulan

Sedangkan Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS telah memilih lebih dari selusin perusahaan untuk mengembangkan teknologi guna menopang operasi di Bulan.

Bersama-sama, NASA dan industri sedang membangun serangkaian kemampuan siap misi mendukung keberadaan yang berkelanjutan di Bulan dan misi manusia di masa depan ke Mars - terang Bridenstine.

Dengan dana sejumlah 370 juta dolar AS (Rp5,4 triliun), dimana sekitar 270 juta dolar AS (Rp3,9 triliun) di antaranya akan diberikan kepada empat perusahaan yang mengembangkan teknologi manajemen cairan kriogenik yang diperlukan untuk bahan bakar roket.

Keempat perusahaan itu, yakni perusahaan kecil Eta Space, ditambah tiga perusahaan raksasa, Lockheed Martin, SpaceX dan United Launch Alliance (ULA).

NASA merencanakan pemukiman manusia pertama di Bulan pada 2028, empat tahun setelah kunjungan terjadwal ke kutub selatan Bulan oleh dua astronot Amerika Serikat pada 2024 - tukas Bridenstine. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0