Demonstrasi di Chilli Rusuh, 2 Gereja Dijarah dan Dibakar Massa

Demonstrasi menuntut perbaikan layanan kesehatan, sistem pendidikan, dan pensiun di Chili. 
Ramses Rianto Manurung - Dunia,Senin, 19-10-2020 19:15 WIB
Demonstrasi di Chilli Rusuh, 2 Gereja Dijarah dan Dibakar Massa
Aksi unjuk rasa di Santiago ibukota Chili berubah rusuh, massa membakar 2 gereja/ist

Santiago, Nusantaratv.com-Aksi unjuk rasa yang diikuti puluhan ribu massa di Santiago, ibukota Chili, Minggu (18/10/2020), mendadak rusuh. Dilaporkan dua gereja dibakar massa.

Aksi turun ke jalan dilakukan dalam rangka memperingati unjuk rasa besar pada tahun lalu yang menewaskan 30 orang dan melukai ribuan lainnya. Demonstrasi menuntut perbaikan layanan kesehatan, sistem pendidikan, dan pensiun di Chili. 

Polisi yang dikerahkan terlibat gesekan hebat dengan massa, di mana mereka menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkannya.  Namun sekelompok pengunjuk rasa yang mengenakan tudung menjarah gereja Katolik Roma yang berada dekat pusat demontrasi. Massa menyeret patung Yesus dan perabotan di dalam gereja ke jalan, lalu membakarnya.

Baca juga: Demo Omnibus Law di Banyumas Rusuh, Polisi Tembakan Gas Air Mata

Gelombang demonstrasi yang terjadi di Chili pada Oktober 2019 dipicu oleh hal sederhana yakni kenaikan tarif kereta. Namun isu yang diusung dalam aksi meluas. Rakyat sipil memprotes isu sosial, perekonomian, uang hari tua, hingga korupsi pemerintah.

Aksi yang sarat kekerasan pada Jumat kemarin dihalau polisi dengan water cannon dan peluru karet. Ancaman Presiden Sebastian Pinera untuk memburu perusuh tak diindahkan. Setidaknya sudah 20 orang tewas dan 2.500 terluka sejak protes pecah.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0