Corona Meningkat, PM Italia Perpanjang Masa Darurat

Conte mengumumkan keadaan darurat di Italia selama enam bulan pada 31 Januari,
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 29-07-2020 09:23 WIB
Corona Meningkat, PM Italia Perpanjang Masa Darurat
(The Star)

Nusantaratv.com- Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte meminta parlemen pada hari Selasa (28/7/20) untuk memperpanjang keadaan darurat, yang memperluas kekuatan pemerintahnya untuk menangani krisis kesehatan virus corona. 

Conte mengumumkan keadaan darurat enam bulan pada 31 Januari, ketika dua kasus pertama virus corona dikonfirmasi di Roma.

"Virus ini terus berevolusi dan belum berjalan dengan sendirinya. Akan aneh jika tiba-tiba menangguhkan tindakan yang efektif," kata Conte kepada majelis tinggi, Senat dikutip Reuters. 

Namun, dia menarik diri dari meminta perpanjangan hingga akhir tahun, mengatakan dia hanya ingin pembaruan hingga Oktober.

Keadaan darurat memberikan kekuatan yang lebih besar kepada pemerintah daerah dan pusat, termasuk memudahkan para menteri untuk mendeklarasikan zona merah seandainya penyakit tersebut kembali berkobar, dan untuk meningkatkan sumber daya rumah sakit.

Ini juga akan memangkas birokrasi ketika para pejabat menyiapkan sekolah untuk dibuka kembali pada bulan September setelah ditutup selama enam bulan.

Italia telah menjadi salah satu negara dengan dampak terburuk di Eropa, mencatat lebih dari 35.000 kematian dari sekitar 246.500 kasus. 

Namun, infeksi baru telah menurun tajam selama tiga bulan terakhir dan kritikus Conte mengatakan ia perlu melibatkan parlemen dalam keputusan-keputusan penting.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0