Biden Tunjuk Wanita Ini Untuk Tangani Keuangan Negara

Janet Yallen membawa pengalaman kebijakan ekonomi selama puluhan tahun kepada Biden
Sarah Fiba - Dunia,Selasa, 24-11-2020 11:59 WIB
Biden Tunjuk Wanita Ini Untuk Tangani Keuangan Negara
(Fortune)

Nusantaratv.com- Presiden terpilih Joe Biden diperkirakan akan mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve, Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan AS. 

Langkah itu, akan mengalihkan fokus Departemen Keuangan ke upaya progresif untuk mengatasi ketimpangan ekonomi yang tumbuh. 

Serta memerangi perubahan iklim dan menjauh dari penekanan pra-pandemi pemerintahan Trump pada pemotongan pajak dan pelonggaran peraturan keuangan.

Yellen, 74, membawa pengalaman kebijakan ekonomi selama puluhan tahun kepada Biden dan dihormati oleh Kongres, pejabat keuangan internasional, kaum progresif, dan kepentingan bisnis. 

Dia telah menyerukan untuk membuka keran pengeluaran fiskal untuk menghidupkan kembali ekonomi yang dilanda pandemi virus corona. 

Ia juga akan menjadi orang pertama yang memimpin Departemen Keuangan, The Fed, dan Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih.

Reuters melaporkan, seorang juru bicara tim transisi Biden menolak berkomentar.  Yellen yang dihubungi melalui telepon, juga menolak berkomentar.

Yellen membuat sejarah pada tahun 2014 ketika dia menjadi wanita pertama yang memimpin Federal Reserve setelah menjabat selama satu dekade sebagai presiden Fed San Francisco dan gubernur Fed. 

Lahir di Brooklyn, New York, dari seorang dokter keluarga dan guru sekolah dasar, Yellen memperoleh gelar doktor di bidang ekonomi dari Yale pada tahun 1971 sebagai satu-satunya wanita di kelasnya dan mengajar di beberapa universitas besar sebelum menjabat sebagai penasihat ekonomi terbaik untuk Presiden Bill Clinton dari tahun 1997 hingga 1999.

Dia menikah dengan ekonom pemenang Hadiah Nobel George Akerlof, yang dia temui pada 1977 di The Fed di mana keduanya bekerja dalam peran penelitian.

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0