Pantai Gading Tunjuk Perdana Menteri Baru

Bakayoko ditunjuk sebagai perdana menteri setelah Amadou Gon Coulibaly meninggal dunia
Sarah Fiba - Dunia,Jumat, 31-07-2020 16:00 WIB
Pantai Gading Tunjuk Perdana Menteri Baru
(AFP)

Nusantaratv.com- Menteri Pertahanan Pantai Gading, Hamed Bakayoko, diangkat sebagai perdana menteri pada Kamis (30/7/20) setelah bertindak sebagai perdana menteri sementara dalam tiga minggu sejak kematian mendadak pendahulunya, presiden mengumumkan.

Dianggap sebagai rekanan dekat Presiden Alassane Ouattara dan pilar rezim yang berkuasa, Bakayoko, 55, telah memiliki portofolio pertahanan sejak 2017, setelah menjabat sebagai menteri dalam negeri dari 2011.

Dia juga menjadi walikota Abobo, salah satu distrik terpadat di negara Afrika Barat itu, sejak 2018.

"Presiden Republik telah menandatangani sebuah dekrit yang mengangkat Hamed Bakayoko sebagai perdana menteri," sementara dia akan mempertahankan peran pertahanannya, menurut pernyataan kepresidenan.

Bakayoko ditunjuk sebagai perdana menteri setelah Amadou Gon Coulibaly meninggal dunia karena serangan jantung pada 8 Juli.

"Penunjukannya tidak mengejutkan karena dia bertindak sebagai perdana menteri dan sudah menjadi nomor dua pemerintah," kata ilmuwan politik Arthur Banga.

Nama Bakayoko telah beredar sebagai calon penantang presiden sebelum Gon Coulibaly dicalonkan pada bulan Maret sebagai kandidat partai yang berkuasa RHDP untuk pemilihan presiden Oktober.

"Dia ditempatkan paling baik untuk memainkan peran penting bagi RHDP dalam menjelang pemilihan presiden setelah kematian Gon Coulibaly," kata ilmuwan politik Sylvain N'Guessan.

"Namun, pencalonan ini membuatnya tidak ikut dalam pemilihan presiden, jika Ouattara tidak mencalonkan diri lagi," kata N'Guessan- AFP

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0